5 Resep Minuman Segar saat Cuaca Panas, Dijamin Enak dan Sehat

resep minuman segar saat cuaca panas
5 Resep Minuman Segar saat Cuaca Panas, Dijamin Enak dan Sehat. (Freepik.com)

RADARPEKALONGAN.ID – Menjalani aktivitas di tengah cuaca panas tentu membuat tubuh menjadi lemah dan penat. Tentunya, aneka resep minuman segar saat cuaca panas dapat menjadi pilihan yang tepat.

Ya, selain mengkonsumsi air putih untuk memenuhi cairan tubuh harian, minuman segar yang sehat juga dapat menjadi alternatif pencegah dehidrasi.

Nah, bagi kamu yang ingin mencobanya. Yuk, simak lima daftar resep minuman segar saat cuaca panas yang dijamin enak dan sehat. Berikut rangkumannya spesial untuk kamu.

Baca Juga: Menikmati Cuaca Panas Sambil Bikin Es Krim Ketan Hitam, Yuk?

1. Es Buah Susu

es buah soda sira ummutsa
Ilustrasi Es Buah Susu.

Resep minuman segar saat cuaca panas yang pertama yaitu es buah susu. Kandungan buah yang kaya akan antioksidan tentunya dapat membantu tubuh mencegah berbagai radikal bebas. Sehingga, kamu dapat menjalani aktivitas dalam keadaan yang selalu fit dan bertenaga. 

Bahan dasar yang diperlukan seperti  200 ml susu cair yang rendah lemak, 1 sdt agar bubuk, 1 sdt bubuk jeli instan, 200 ml air, dan 30gr gula pasir. Selanjutnya bahan buah, 150gr blewah potong bulat, 150gr semangka potong bulat, 150gr melon hijau potong bulat serta  400gr es batu dan bahan sirup terdiri dari 250 ml air bersih, 80 gr gula pasir dan 1 lembar daun pandan.

Cara membuatnya adalah dengan memasak seluruh bahan dasar terlebih dahulu. Campurkan air dengan bubuk agar, jeli, rebus dan aduk dalam api kecil. Jangan lupa masukkan gula pasir ya. Selanjutnya, ketika campuran akan mendidih segera masukkan susu. Setelah mendidih, segera matikan dan tuangkan bahan buah.

Kemudian, masak bahan sirup dan rebus semua bahan hingga matang. Lalu, masukkan dan campurkan seluruh bahan. Jangan lupa siram dengan menggunakan sirup pandan yang telah dingin. Terakhir, sajikan segera selagi dingin. 

2. Es Timun Segar

Timun dikenal sebagai salah satu buah yang lezat dan segar. Selain itu, timun juga dapat menjadi bahan minuman yang cocok dinikmati saat cuaca panas. Buah satu ini memiliki kandungan kalori yang rendah, tinggi air, serat hingga zat gizi. Bahkan, mampu membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.