Batang  

Antisipasi Kegawatdaruratan, Anggota Pramuka Diajak Cakap Berkomunikasi via Radio

Pramuka
JAMBORE - Pramuka Kwarcab Batang saat menggelar JOTA-JOTI di Gedung Pramuka, Jumat (20/10/2023).

BATANG – Gerakan Pramuka Kwarcab Batang bersama Saka Milenial Kwarcab Batang menggelar Jambore On The Air dan Jambore On The Internet (JOTA-JOTI), Jumat (20/10/2023) di Gedung Pramuka Batang.

Hadirnya JOTA-JOTI ini diharapkan bisa menjadi sarana pembelajaran bagi anggota pramuka. Khususnya di bidang informasi, komunikasi baik melalui internet maupun radio.

“JOTA-JOTI ini dilakukan serentak se Indonesia pukul 2 siang ini. Dengan harapannya, mereka bisa cakap berkomunikasi baik menggunakan internet, ataupun tanpa internet. Sehingga bisa terhubung dengan anggota Pramuka di daerah lainnya,” jelas Sekretaris Pramuka Kwarcab Batang, Supri Irianto saat diwawancarai di sela kegiatan.

Kak Ir menyebut jika kegiatan ini sebelumnya juga telah rutin dilaksanakan di tingkat ranting. Namun untuk tahun ini mulai digelar di tingkat Kwartir Cabang.

“Selama tiga hari, sebanyak 470 peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan mengikuti segala rangkaian kegiatan. Bekerja sama dengan ORARI mereka akan mempelajari radio dengan jangkauan 2 meter band meter yang bisa terhubung ke kabupaten kota lain. Atau radio 40 meter band yang bisa menjangkau ke provinsi lain,” jelasnya.

Ketua Majelis Pembimbing Saka Milenial Kwarcab Batang, Triossy Juniarto menyebut kegiatan ini turut mendukung regenerasi penghobi radio di Kabupaten Batang.

Baca Juga : Pasar Limpung Kabupaten Batang Kebakaran

“Penggunaan radio semacam ini sangat berguna. Karena juga sangat bermanfaat ketika digunakan saat mudik lebaran. Ataupun di situasi gawat darurat, terlebih jika tidak memiliki pulsa dan internet. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menghasilkan penghobi baru di bidang radio komunikasi. Sehingga ketika ada keadaan darurat kita bisa mengerahkan seluruh sumber daya untuk mendukung kelancaran komunikasi di lokasi9 kejadian,” jelas lelaki yang juga Kepala Diskominfo Batang ini.

Triossy menyebut, ke depan Saka Milenial juga akan menggelar Jambore Saka Milenial. Selain itu ia turut mempersilahkan anggota Pramuka, yang ingin belajar terkait internet dan radio komunikasi melalui Diskominfo Batang.

Ketua ORARI Lokal Batang, Jul Hendro Gunawan, mengapresiasi Pramuka yang telah menggandeng ORARI dalam melaksanakan JOTA-JOTI. Di hari pertama ini, ia melihat para anggota masih cukup malu dan belum memahami terkait pengoperasian radio komunikasi. Meski begitu, ia yakin di akhir JOTA-JOTI, anggota Pramuka Kwarcab Batang mampu mengoperasikan Radio Komunikasi.