Fawning: Kamu Perlu Tahu Tentang Respons Terhadap Trauma Menjadi People Pleaser

Fawning
Fawning. (Sumber: freepik.com)

Kamu mungkin pernah mendengar tentang empat tanggapan rasa takut: melawan, lari, diam, dan coklat kekuningan. “Fawning” atau menjilat mengacu pada saat seseorang mengatasi bahaya yang dirasakan dengan mencoba menenangkan siapa pun yang menyebabkan bahaya untuk mencegah mereka menyebabkan bahaya.

Kadang-kadang, penyintas trauma dan pelecehan akan melakukan fawning sebagai tanggapan atas pelecehan mereka dalam upaya untuk membuat pelaku senang. Meskipun pelecehan tidak pernah menjadi kesalahan korban, korban mungkin merasa bertanggung jawab atas perilaku pelaku dan menjilat dalam upaya untuk mencegah perilaku kasar.

Fawning juga bisa muncul sebagai kepatuhan untuk mencegah bahaya. Misalnya, jika seorang individu mengetahui bahwa penyerangnya akan menyakiti mereka secara fisik jika mereka melawan, mereka mungkin menurut untuk melindungi diri mereka sendiri. Ini tidak berarti bahwa mereka menyetujui pelecehan atau penyerangan; itu hanya berarti mereka berusaha mencegah situasi agar tidak meningkat.

Seperti Apa Fawning Itu?

Fawning terkadang disebut sebagai “menyenangkan orang”. Ketika seseorang menjilat, mereka mungkin tampak terlalu kooperatif atau membantu, terkadang merugikan mereka sendiri. Mereka mungkin meminimalkan atau sepenuhnya menyangkal kebutuhan mereka sendiri, berjuang untuk mengatakan “tidak” bahkan untuk permintaan yang tidak masuk akal, atau setuju dengan orang-orang di sekitar mereka bahkan jika ini tidak mencerminkan perasaan atau nilai mereka yang sebenarnya.

Kebanyakan orang terlibat dalam perilaku yang menyenangkan orang dari waktu ke waktu. Misalnya, jika atasanmu membuat permintaan yang tidak ingin kamu lakukan, kamu dapat mengatakan bahwa kamu senang membantu, terutama jika permintaan tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab pekerjaanmu.

Namun, orang yang menjilat mungkin tidak dapat menghentikan perilaku menyenangkan orang di lain waktu dan mungkin mengabaikan kebutuhan mereka sendiri dengan cara yang ekstrim dan tidak sehat. Selain itu, meskipun kamu mungkin mematuhi majikanmu karena kamu lebih suka mempertahankan pekerjaanmu, orang yang menjilat mungkin mengalami ketakutan atau kecemasan yang signifikan tentang apa yang akan terjadi jika mereka tidak membuat orang-orang di sekitar mereka bahagia.

Ketika seseorang memiliki respons fawning, mereka mungkin berjuang bahkan untuk mengenali perasaan dan kebutuhan mereka sendiri. Mereka sering melihat ke orang-orang di sekitar mereka daripada mempercayai respons emosional mereka sendiri. Mereka mungkin juga berjuang dengan batasan yang sehat.