Songsong Pemilu 2024, Dandim 0736/Batang : Netralitas TNI Harga Mati!

Dandim 0736/Batang
APEL RUTIN - Kegiatan upacara yang diselenggarakan di Makodim 0736/Batang.

BATANG – Dandim 0736/Batang, Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman menekankan pentingnya netralitas prajurit menjelang Pemilu 2024. Bahkan menurutnya, netralitas TNI adalah harga mati.

Dandim pun mengingatkan akan pentingnya seorang prajurit dalam mengimplementasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

Tidak hanya itu, Dandim juga menekankan bahwa netralitas TNI bukan sekadar tuntutan hukum, melainkan amanah yang harus dijunjung tinggi untuk mendukung jalannya demokrasi Indonesia.

“Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang menjadi perhatian besar bagi TNI dalam menjaga Netralitasnya. Netralitas TNI adalah sebuah amanah yang harus dijunjung tinggi dalam rangka pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI,” tegas Dandim, kemarin.

Dalam upaya menjaga netralitas, TNI Kodim Batang telah mengambil langkah konkret dengan menerbitkan Buku Saku Netralitas TNI pada Pemilu dan Pilkada.

Buku saku tersebut bukan hanya sekadar panduan, melainkan sebuah komitmen untuk memastikan bahwa setiap Prajurit TNI memahami, mematuhi, dan melaksanakan netralitas sepanjang proses penyelenggaraan Pemilu.

Dalam buku saku tersebut, terdapat berbagai larangan dan aturan ketat yang ditetapkan untuk memastikan bahwa TNI tetap menjadi garda terdepan yang netral dan independen dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Baca Juga : Kodim Pekalongan Gelar Turnamen Tenis Meja Forkopimda Cup

Ini mencakup larangan keras terhadap keterlibatan prajurit TNI dalam politik praktis, serta imbauan untuk menjauhi segala bentuk perilaku yang dapat mencemarkan netralitas institusi.

“Selalu siap siaga di tengah kesulitan masyarakat, jalin soliditas, sinergitas, dan kekompakan dengan sesama prajurit serta seluruh komponen bangsa lainnya,” imbuhnya.

Karena TNI, kata dia, tidak hanya berperan sebagai pengaman dan pertahanan negara, tetapi juga sebagai bagian integral dari masyarakat yang siap memberikan bantuan dan dukungan kepada rakyat dalam segala kondisi,

Soliditas dan sinergitas antara prajurit dan seluruh komponen bangsa menjadi kunci utama dalam menciptakan keamanan dan kesejahteraan bersama.

“Semoga semangat dan dedikasi prajurit TNI di Kodim 0736/Batang tetap terjaga dan menjadi inspirasi bagi kita semua,” tandasnya. (fel)