9 Tips Memelihara Imunitas Tubuh Saat Musim Pancaroba

9 Tips Memelihara Imunitas Tubuh Saat Musim Pancaroba
Perubahan dari musim panas ke musim hujan atau sebaliknya menyebabkan tubuh harus beradaptasi dengan perubahan tersebut. (foto: asep)
0 Komentar

Rata-rata untuk yang berusia dewasa diperlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam lamanya. Sementara itu buat usia yang lebih mudah di bawah 25 tahun membutuhkan waktu sekitar 9 -10 jam.

4. Hindari Asap Rokok serta Minuman Keras

Asap rokok serta minuman keras dapat menjadi salah penyebab menurunnya sistem kekebalan pada tubuh. Perokok aktif mempunyai akibat yang fatal dan bisa menderita penyakit bronkitis, pneumonia, serta peradangan paru.

Adapun buat perokok serta pecandu alkohol, mempunyai resiko infeksi paru yang lebih besar.

Baca Juga:Sambut Hari Guru Nasional 2022, Wali Murid PAUD Annisa Jadi Guru di KelasBukan Sekedar Guru Ngaji Al-Qur’an

Hindari  alkohol serta merokok agar tetap hidup sehat penuh semangat.

5. Hindarkan Beban Pikiran Berlebihan

Pemicu mendasar tubuh tidak sehat adalah stes. Stres dalam periode tertentu dapat menaikkan hormon kortisol yang mampu menurunkan ketahanan badan.

Untuk itu, hindari stres supaya sistem ketahanan tubuh senantiasa terjaga. Caranya, buat manajemen pikiran secara sederhana, jangan dibuata rumit. Pikirkan yang perlu dipikirkan. Yang tidak perlu dipikirkan, abaikan saja.

6. Vitamin C Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk menghindari tubuh yang lesu karena satu dan lain hal, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi nutrisi. Mengkonsumsi nutrisi vitamin C yang cukup bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Sudah tentu tidak cukup hanya minum vitamin, pola hidup yang sehat juga diperlukan untuk mendukung kesehatan tubuh. Makan buah dan sayur, berolahraga yang cukup dan istirahat yang cukup.

7. Mengonsumsi Vitamin D

Terbatasnya vitamin D pada tubuh dapat menimbulkan perkembangan tulang yang tidak maksimal juga beresiko pada penyakit jantung, serta badan yang lesu. Untuk itu, dianjurkan mengkonsumsi vitamin D secara teratur.

Vitamin D dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti jamur, ikan salmon, kuning telur, hati sapi serta ikan tuna.

8. Bersih Tubuh, Rumah serta Lingkungan

Baca Juga:MTs YMI Wonopringgo Gelar Upacara Hari Guru NasionalGuru Ngaji, Orang Baik yang Terlupakan

Menjaga kebersihan badan, tubuh dan rumah tidak bisa ditawar lagi. Cuci tangan dengan sabun cara teratur, gunakan hand sanitizer, bila perlu gunakan sabun pembasmi kuman.

Dengan memelihara kebersihan tubuh kita serta, semoga dapat terhindar dari bermacam virus berbahaya semacam virus Corona yang akhir-akhir ini terjadi dan masih harus perlu diwaspadai.

0 Komentar