Ingat, Ada 3 Cara Belajar Efektif dan Efisien

Ingat, Ada 3 Cara Belajar Efektif dan Efisien
0 Komentar

Tentunya hal itu juga sudah terbukti tidak efektif dan efisien, Sahabat. “Waduh, kayaknya, gue sendiri juga sering nih merasa seperti ini.” Gapapa, masih ada waktu untuk berubah kok.

Nah, untuk menyiasati hal ini, Sahabat bisa lho menerapkan metode 5 kali review ulang. Yang perlu dilakukan hanyalah meluangkan waktu mulai dari 10 menit saja disesuaikan dengan kebutuhan dalam sehari untuk mereview materi yang didapat di sekolah.

Pengulangan pertama usahakan dalam kurun 24 jam, kedua dalam kurun satu minggu, ketiga tepat pada hari ke tujuh, keempat setelah satu bulan, dan kelima setelah beberapa bulan.

Baca Juga:Imunisasi Lengkap Sangat Penting, Putus Mata Rantai Penularan100 Siswa Diimunisasi, Tingkatkan Cakupan Imunisasi

Dengan melakukan pengulangan beberapa kali, Sahabat juga dapat memiliki ingatan yang lebih tajam terkait materi yang dipelajari. Sehingga, nggak perlu lagi memforsir tenaga dan menghabiskan sebagian besar waktu sehari sebelum ujian.

  1. Latihan Soal

Mengerjakan latihan soal menjadi salah satu cara yang baik untuk mengukur keefektifan belajar Sahabat. Dengan latihan soal elo juga dapat mengecek ingatan tentang materi yang sudah Sahabat pelajari.

Yang perlu Saahabt lakukan setiap kali latihan soal adalah memastikan bahwa elo bisa menjawab soal yang sebelumnya elo nggak bisa (Wade, Tavris, Garry, 2013).

Dengan begitu latihan soal dapat benar-benar membantu Sahabat mencapai tujuan Sahabat dalam belajar.

Sebelum ujian, Sahabat juga perlu mengetes ulang pemahaman Sahabat terkait sebuah materi. Kenapa? Karena menurut penelitian, siswa yang melakukan hal tersebut sekalipun materinya sudah terasa familiar dapat mengingat materi dua kali lebih baik dibandingkan yang tidak mengetes ulang (Karpicke & Roediger, 2007).

Nah, begitulah Sahabat sedikit tips. Semoga berhasil. Selamat belajar. Sukses selalu. (*)

0 Komentar