PROSES belajar mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan makhluk sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pengajaran.
Media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Ada beberapa alasan, mengapa media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa. Alasan pertama berkenaan dengan manfaat media pengajaran dalam proses belajar siswa antara lain: pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Permasalahan yang dihadapi peserta didik MIS Lumeneng Kec. Paninggaran kelas VI (enam) adalah kurang bersemangatnya belajar, terutama materi Perkembangbiakkan Makhluk Hidup.
Penulis sebagai guru Kelas VI yang harus memastikan kegiatan belajar mengajar di kelas tetap berjalan dan menyenangkan, maka penulis berusaha menerapkan pembelajaran salah satunya dengan media dalam bentuk gambar. Media gambar adalah suatu media visual yang hanya bisa dilihat saja akan tetapi tidak memiliki unsur audio atau suara. Jenis atau contoh mendia gambar dalam pembelajaran diantaranya adalah kartun, komik, poster maupun gambar lainnya. Salah satu cara yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan membuat contoh cerita pendek dalam bentuk gambar-gambar.Cerita pendek bergambar tersebut berisi ciri-ciri tumbuhan, hewan, alat perkembangbiakkan dan lain sebagainya. Tentunya yang materi pelajaran yang akan disampaikan. Melalui nilai-nilai yang disampaikan dalam gambar tersebut diharapkan tujuan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain itu dengan media gambar peserta didik akan menjadi lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kemudian langkah selanjutnya adalah peserta didik diminta membentuk kelompok, setiap kelompok akan mendapatkan tugas membuat komik bergambar atau cerita bergambar.Pertama peserta didik menentukan tokohnya, membuat percakapan, dan tema cerita. Lalu tugas tersebut bisa ditulis tangan atau dibuat melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia diinternet. Kemudian tugas dikumpulkan dalam waktu yang telah ditentukan. Dan siswa diminta mempraktikkannya didepan kelas dengan memakai kostum yang ada pada cerita yang mereka buat.