Bukan Ketindihan Jin! Begini Penjelasan Medis Soal Pengalaman Di-rep-repi

Ketindihan jin
Saat mengalami rep repan, tubuh seperti tak bisa digerakkan. (sumber foto: https://img.okezone.com/)
0 Komentar

Nah, pada saat ia terbangun dalam kondisi peralihan ini, otaknya masih dalam keadaan tidur, seluruh ototnya juga masih lumpuh karena masih dalam keadaan rileks. Alhasil, Anda akan merasakan gejala ketindihan seperti tersadar dengan kondisi badan tidak bisa bergerak.

Jadi, saat tubuh sulit digerakkan, sebetulnya karena ia masih butuh waktu (transisi) untuk benar-benar bangun. Namun beberapa saat setelah mengalami kondisi sleep paralysis, otak dan tubuh akan perlahan akan sinkron kembali sampai benar-benar terbangun dari ketindihan.

Kelumpuhan tidur umumnya bukanlah sesuatu yang berbahaya. Meski tidak setiap orang pernah mengalami kelumpuhan tidur ini, namun sebagian orang justru sering mengalaminya. Lalu apa saja yang bisa memicunya, berikut penjelasan dari klikdokter;

Baca Juga:[PUISI] Ikhtiar IniPUISI PUISI JAMALUDIN GmSas

Mengalami Gangguan MentalMeski tidak diketahui apa hubungan pastinya, orang yang sedang mengalami gangguan kecemasan atau depresi dilaporkan sering mengalami kondisi “rep-repan”. Orang yang sedang mengalami gangguan mental juga cenderung minum minuman beralkohol, dan ini diyakini bisa memicu ketindihan. Jadi, bisa saja efek halu -nya akan membuat pikirannya tak karuan saat tidur, mungkin juga mimpi ketindihan jin, wuih serraam.

Salah Posisi TidurKebanyakan orang yang mengalami ketindihan saat tidur mengatakan bahwa itu terjadi saat posisi tidur mereka sedang telentang atau berbaring. Sedangkan orang yang tidurnya sering tengkurap atau miring, mengaku jarang mengalami sleep paralysis.

Mengidap NarkolepsiOrang yang memiliki gangguan tidur narkolepsi biasanya akan mengalami mimpi atau halusinasi. Penderita narkolepsi juga dilaporkan sering mengalami kesulitan berbicara atau bergerak seperti ketindihan.

Penyebab LainnyaMemiliki jadwal tidur yang tidak teratur, misalnya pada orang yang harus bekerja shift pagi dan malam bergantianMemiliki anggota keluarga yang juga pernah mengalami kelumpuhan tidur.Mengalami penyakit obstructive sleep apnea yang ditandai dengan sumbatan jalan napas saat tidur.

Adakah yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Ketindihan Saat Tidur?Umumnya, tidak ada pengobatan khusus yang diperlukan untuk mengobati atau mencegah ketindihan secara medis, apalagi kalau ketindihan jin. Namun, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah kondisi ini terjadi, yaitu seperti bertikut ini.

0 Komentar