Ganjar Pranowo Inginkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik di Jawa Tengah

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo inginkan mal pelayanan publik (MPP) 100 di Jawa Tengah. (foto: Diskominfo Jawa Tengah)
0 Komentar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo buat terobosan mal pelayanan publik

JAKARTA, RADARPEKALONGAN.ID – Terobosan brilian muncul lagi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kali ini dia mentargetkan kota dan kabupaten di Jawa Tengah 100 persen memiliki mal pelayanan public (MPP).

Seperti apa MPP itu? Yang pasti layanan kepada masyarakat dipusatkan di suatu tempat. Tidak perlu masuk ke satu kantor kemudian keluar kantor untuk melanjutkan proses perijinan atau meminta surat.

Ibarat sebuah mal, di sebuah tempat pengunjung bisa berbelanja sesuai dengan kebutuhannya. Dan ketika keluar urusan belanjanya sudah selesai, dan tidak perlu mencari mal yang lain.

Baca Juga:Jumlah Pendaftar Program Kampus Mengajar Catat Rekor TertinggiGebyar PAUD Wujudkan Anak Merdeka Bermain

Ini benar-benar sebuah cara untuk memudahkan masyarakat dalam memproses kebutuhannya yang ada kaitannya dengan pemerintah.

Puluhan tahun yang lalu sebelum reformasi, pemerintah seakan mempersulit proses ketika masyarakat membutuhkan surat-surat atau apapun yang ada kaitannya dengan pemerintah. Sekarang pemerintah menggunakan prinsip korporasi.

Sampai sekarang sudah ada 21 MPP di Jawa Tengah ditambah mal pelayanan publik milik pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Di Istana Wakil Presiden, Senin tanggal 5 Desember tahun 2022, Ganjar Pranowo menghadiri peresmian 26 MPP oleh Men-PAN-RB.

Di Indonesia ada 103 MPP dan 22 berada di Jateng. Ada 13 Kabupaten dan Kota 13 kabupaten/kota di Jateng belum memiliki mal pelayanan publik.

Kualitas layanan akan semakin baik dengan adanya mal pelayanan publik. Maksimalkan keberadaannya.

Ganjar berharap ke depan bisa 100 persen mal pelayanan publik. Artinya, lengkap sudah setiap kabupaten dan kota di Jawa Tengah memiliki MPP ini.

Baca Juga:7 Kiat Meningkatkan Add Value Perpustakaan untuk Dongkrak Minat BacaRasa Syukur Dapat Menghindari Musibah dan Azab Allah Swt

Di Jawa Tengah sudah ada MPP di Cilacap, Rembang, Brebes, Klaten, Grobogan, Banyumas, Purworejo, Kebumen, Blora, Pati, Jepara, Kudus, Kendal, Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Salatiga, Karanganyar, Kota Surakarta, Sragen, Sukoharjo, Boyolali.

Sementara itu, KH K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI menyampaikan lima hal agar mengembangkan MPP. Dan yang agar terpenting adalah agar kualitas layanannya semakin membaik.

Pertama, untuk Gubernur, Bupati dan Sekda agar memliki komitmen kuat untuk mengintegrasikan semua layanan di organisasi perangkat daerah (OPD) di MPP.

0 Komentar