Rahasia Fisik Prajurit Kodim Pekalongan Tetap Bugar: Rutin Jalan Kaki Sejauh 5 Km!

Prajurit Kodim Pekalongan melalukan pembinaan fisik berupa hanmars atau jalan sejauh 5 km
Prajurit Kodim Pekalongan melalukan pembinaan fisik berupa hanmars atau jalan sejauh 5 km, Selasa 6 Desember 2022. (Radarpekalongan.id/Pendim Pekalongan)
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Demi menjaga kebugaran fisiknya, para Prajurit Kodim 0710/Pekalongan melakukan berbagai cara.

Antara lain dengan rutin berolahraga dan melakukan berbagai pembinaan fisik. Salah satunya dengan melaksanakan olahraga ‘Hanmars’ atau lari jalan sejauh 5 kilometer. Itu dilakukan setidaknya seminggu tiga kali.

Sebagaimana yang dilakukan pada Selasa, 6 Desember 2022 pagi. Puluhan prajurit melakukan ‘hanmars’ rute di seputaran Makodim Komplek dan ke ruas jalan di sekitaran Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Baca Juga:Rupbasan Kelas I Pekalongan lakukan Pemeliharaan Benda Sitaan Titipan KPK di Desa KrengsengPaling Lambat 2024 Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Harus Jadi Satu Perda

Sebelum pelaksanaan olahraga, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan dan senam pemanasan serta peregangan, agar dalam pelaksanaan lari jalan tidak terjadi kram atau cidera.

Dijelaskan Dandim 0710/Pekalongan melalui Pasi Ops Kapten Inf Budiarto, kegiatan olahraga yang dilaksanakan oleh prajurit Kodim selain menyehatkan, jalan sehat ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi kebersamaan antar anggota Kodim.

“Pelaksanaan olahraga bagi anggota Kodim rutin kita jadwalkan seminggu 3 kali yaitu setiap hari, Selasa, Kamis dan Jumat, dengan tujuan agar fisik para prajurit bisa terbina dengan baik sehingga dalam melaksanakan tugas pokok bisa maksimal,” jelas Pasi Ops.

Pasi Ops menambahkan, kegiatan pembinaan fisik terutama lari jalan saat ini menjadi salah satu olahraga sederhana yang memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Menurutnya, dengan jarak tertentu akan memungkinkan dalam pembakaran kalori yang terdapat pada tubuh sehingga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran prajurit.

“Pembinaan fisik bagi prajurit sangat penting, apalagi rata-rata usia prajurit kan sudah tua, sehingga kita berharap selain rutin melaksanakan pembinaan di Kodim para prajurit juga rutin melakukan olah raga sendiri di rumah,” pungkasnya. (way)

0 Komentar