Metode Jigsaw Mampu Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Diskusi

Metode Jigsaw Mampu Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Diskusi
Rini Astuti SPd SD
0 Komentar

Prosedur metode pembelajaran jigsaw meliputi langkah-langkah sebagai berikut : Pemilihan materi yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Guru membagi siswa menjadi beberapa beberapa kelompok-kelompok kecil sesuai dengan materi. Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi atau sub topik yang berbeda-beda. Setiap kelompok asal mengirimkan anggotanya ke kelompok lain. Di dalam kelompok lain, siswa mendiskusikan bagian materi pembelajaran yang sama.Kemudian setiap anggota merencanakan bagaimana mengajarkan sub topik yang menjadi bagian anggota kelompoknya semula (kelompok asal).

Setelah pembahasan selesai para anggota kelompok kemudian kembali pada kelompok asal dan mengajarkan pada teman sekelompoknya pengetahuan apa yang telah mereka dapatkan saat pertemuan di kelompok lain. Selanjutnya dilakukan presentasi masing-masing kelompok atau dilakukan pengundian salah satu untuk menyajikan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan agar guru dapat menyamakan persepsi pada materi pembelajaran yang telah didiskusikan. Guru memberikan kuis untuk siswa secara individual.Penulis berharap siswa lebih aktif didalam kelas sehingga dapat berkurang siswa yang hanya menjadi pendengar yang pasif. Dengan metode Jigsaw pemahaman yang didapat siswa diterima akan lebih mendalam, motivasi belajar lebih besar, hasil belajarpun lebih tinggi. (*)

*) Penulis Rini Astuti SPd, SD Guru Kelas 6SDN 01 Sinangohprendeng Kec. Kajen Kab. Pekalongan

Laman:

1 2
0 Komentar