Siswa SMKN 2 Safari Jurnalistik ke Kantor Magelang Ekspres

Siswa SMKN 2 Safari Jurnalistik ke Kantor Magelang Ekspres
PEMAPARAN MATERI - 72 siswa-siswi SMKN 2 Kota Magelang menerima materi terkait bidang jurnalistik yang disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Magelang Ekspres Joko Suroso. (Foto: larasatiputri/magelangekspres)
0 Komentar

Magelang – radarpekalongan.id – Siswa-siswi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK N 2 Kota Magelang melakukan kunjungan ke kantor Magelang Ekspres, Kedungsari, Magelang Utara, Kota Magelang pada 7 Desember 2022. Dalam safari pendidikan yang dilakukan oleh 72 siswa SMKN 2 Magelang tersebut, para murid mendapatkan materi terkait ilmu jurnalistik secara langsung khusunya media offline dan online.

Salah satu guru BK SMKN2 Kota Magelang, Murtiwiningsih, menuturkan, kegiatan kunjungan itu merupakan salah satu program dari bagian Bimbingan Konseling (BK) SMKN 2 Magelang.

“BK sendiri memiliki program bimbingan karir dimana setiap tahun kami memberikan dukungan kepada anak-anak untuk melakukan kunjungan ke tempat kerja. Hal ini akan membantu proyeksi karir yang dapat membantu anak-anak dalam dunia kerja kelak,” ujar Murtiwiningsih

Baca Juga:SMK Digital Bootcamp Laksanakan Program Berbasis Industri 4.014.504 Mahasiswa Kampus Mengajar Selesai Bertugas di 2.876 Sekolah

Dirinya mengatakan bahwa pembelajaran berbasis kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran dan pembelajaran secara komprehensif kepada seluruh siswa.

Sebelumnya, tim BK SMKN 2 Magelang juga pernah memboyong siswa-siswinya untuk melakukan kunjungan ke beberapa tempat sesuai dengan minat dan bidang masing-masing jurusan, seperti jurusan Akutansi dan Kelembangaan (AKL) ke Bank Magelang, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) ke Vita Grafika, dan Pemasaran ke Produksi Yuka

“Kami bawa siswa untuk belajar dengan langsung, nantinya mereka akan menjadi paham kebutuhan masing-masing bidang seperti apa dan kompetensinya bagaimana sehingga para siswa bisa memasuki dunia karir yang sesuai dengan bakatnya,” tambah Murtiwiningsih.

Murtiwi menyebutkan, pemilihan kunjungan jurusan RPL ke Kantor Magelang Ekspres dikarenakan Magelang Ekspres telah memiliki standar yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dalam bimbingan karir.

Ia berharap dengan adanya kunjungan siswa-siswa SMKN 2 Kota Magelang bisa memberikan dampak positif bagi persiapan karir ke depannya.“Semoga siswa-siswa bisa mengenal lebih dekat dengan dunia kerja, siswa menjadi paham dan kenal lebih dalam terkait bidangnya, khususnya untuk RPL kita kenalkan dengan dunia jurnalistik,“ pungkas Murtiwiningsih

Kunjungan para siswa ke Kantor Magelang Ekspres dimulai dari pemaparan materi dari Pemimpin Redaksi Magelang Ekspres, Joko Suroso kemudian disusul tanya jawab interaktif antara siswa dan Magelang Ekspres dengan bantuan moderator dari pihak BK SMKN 2 Kota Magelang. Selanjutnya, seluruh siswa diberikan waktu untuk menilik langsung kantor Magelang Ekspres dari mulai tempat produksi percetakan koran, ruangan layout, kantor administrasi, dan seluruh bagian dari kantor Magelang Ekspres. (mg4)

0 Komentar