Sudah 308 Produk UMKM Batang Kantongi Sertifikasi Halal

Sudah 308 Produk UMKM Batang Kantongi Sertifikasi Halal
Perwakilan UMKM Saat menerima sertifikat halal dari Kemenag untuk produk mereka. (Kemenag Batang)
0 Komentar

BATANG – Hingga 13 Desember 2022, Sejumlah 308 Produk UMKM Batang sudah berhasil mendapatkan sertifikasi halal dari Kemenag. Sertifikat tersebut pun diserahkan ke beberapa UMKM dalam kegiatan Festival Halal Kemenag Batang, Selasa (13/12/2022).

Kepala Kantor Kemenag Batang, M Aqsho menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti Kemenag ke-77. Festival dilaksanakan mulai 13 – 14 Desember 2022, di Batang Teras Pandawa (BTP) Jalan Dr Sutomo Batang.

“Acara ini diselenggarakan untuk memberikan pembinaan dan kesempatan berpromosi kepada ratusan UMKM yang telah mendapatkan sertifikasi Halal dari BPJPH. Sejauh ini sudah ada sekitar 308 UMKM yang bersertifikat halal. Disamping itu juga untuk memberikan sosialisasi pentingnya sertifikasi halal bagi masyarakat dan pelaku UMKM lain di Kab Batang,” ujar M Aqsho.

Baca Juga:Waduh, Masih Ditemukan Bahan Pangan Berbahaya di PasaranKembali Berlaga Pasca Tragedi Kanjuruhan, Persibat Batang Berhasil Kalahkan PSISa Salatiga

Festival ini diikuti oleh 138 Tennant UKMK halal yang menampilkan berbagai macam produknya. Dari mulai makanan, minuman, jamu, aneka jajanan dan lain sebagainya.

Kabid Perindustrian Disperindagkop Batang, Danuri mengapresiasi Kemenag Batang atas penyelenggaraan event ini. Menurutnya, dari 60 Ribu UMKM Di Batang belum semuanya mendapatkan sertifikasi halal. Oleh karenanya, diharapkan akan menjadi sosilisasi bagi semua UMKM, untuk segera mengurus sertifikasi halalnya.

“Kami harap UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini. Mumpung pembuatan sertifikasi ini masih gratis,” imbuhnya.

Panitia Batang Halal Festival, Siswoyo menyampaikan bahwa acara ini mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat pelaku UMKM kab Batang. Meski BTP hanya mampu menampung 80 tennant, tapi peserta yang mendaftar mencapai 138 UMKM,.

“Akhirnya berdesakan karena banyak yang berbarengan satu stand diisi oleh 2 sampai 3 UMKM. Demi bisa menampung semua peminat. Semoga tahun depan bisa diselenggarakan leboh maksimal dengan menyediakan stand yang lebih banyak lagi,” harapnya.

Kegiatan ini juga diramaikan dengan acara Lomba Drumband antar Madrasah, dan Jalan Sehat Moderasi Beragama yang akan digelar 14 Desember 2022. (nov)

0 Komentar