Tak Hanya Bantuan Pembiayaan, Usaha Mikro juga Butuh Pendampingan agar Naik Kelas

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Usaha Mikro selain butuh bantuan pembiayaan juga butuh pendampingan
Menkeu Sri Mulyani saat menghadiri Festival Usaha Mikro (UMi) 2022 di Jakarta Pusat. (Radarpekalongan.id/Dok. PIP Kemenkeu)
0 Komentar

PIP juga mengembangkan aplikasi pendampingan agar dapat memudahkan setiap pendamping untuk memonitor dan membuat laporan perkembangan usaha setiap pelaku UMi.

“Kami juga akan mendorong kerjasama pendampingan dengan banyak kementerian/lembaga, penyalur, hingga pihak swasta sehingga bisa menjangkau para pelaku lebih banyak dan lebih luas,” papar Ririn.

Salah satu kerja sama pendampingan yang telah dilakukan oleh PIP yaitu dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), berupa program pembinaan UMKM pertanian hortikultura di Puncak Dua, Jawa Barat, selama kurun Agustus – Oktober 2022, dengan melibatkan 16 petani.

Baca Juga:Menag Yaqut: Pelaksanaan Ibadah Natal 2022 Maksimal 100 PersenBambang Pamungkas Cetak 3 Gol di Qatar

Direktur PT Astra International Tbk. Gita Tiffani Boer mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kerja sama antara PIP dengan YDBA.

Untuk diketahui, sejak pertama kali dibentuk hingga saat ini, PIP telah berhasil merealisasikan penyaluran pembiayaan UMi senilai lebih dari Rp24 triliun kepada lebih dari 6,9 juta usaha melalui lebih dari 60 lembaga penyalur. (rls)

0 Komentar