Demi Wujudkan Ketahanan Pangan, Prajurit Kodim Batang Rela Berlatih Olah Tanah

Demi Wujudkan Ketahanan Pangan, Prajurit Kodim Batang Rela Berlatih Olah Tanah
PELATIHAN - Babinsa Kodim 0736/Batang mendapat pelatihan cara olah tanah. (DOK)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Komitmen TNI Angkatan Darat dalam mendukung program ketahanan pangan nasional ternyata dilaksanakan dengan sungguh-sungguh jajaran struktur di bawahnya. Seperti ditunjukkan Kodim 0736/Batang yang telah beberapa kali sukses panen raya. Tak berhenti di situ, kini Babinsa Kodim 0736/Batang juga rela berlatih olah tanah dan perawatan serta pembuatan bedengan guna mewujudkan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Batang.

Pelatihan ini juga sebagai langkah persiapan tanam perdana cabai rawit di lahan demplot seluas 1 Ha di areal persawahan Desa Rowobelang, Kecamatan Batang.

“Saat ini kita sedang menyiapkan lahan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional. Di lahan seluas 1 Ha ini akan ditanami cabe rawit dan direncanakan pelaksanaannya nanti saat tanam perdana akan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Batang,” ujar Pasiter Kodim 0736/Batang, Kapten Cpm Joko Wahyono, belum lama ini.

Baca Juga:Razia Lapas Batang, Petugas Temukan Paku, Sendok Hingga Barang Logam LainnyaKolam Renang THR Kramat Tutup Sementara, Kunjungan Selama Nataru Bisa Terganggu

Lebih lanjut dijelaskan Pasiter, bahwa dalam pengolahan tanah untuk penanaman cabe ini, pihaknya memanfaatkan lahan menjadi wadah pelatihan bagi para Babinsa.

“Sasaran pelatihan ini adalah agar para Babinsa memahami berbagai hal yang harus dilakukan terkait dengan pengolahan tanah. Mulai dari definisi, tujuan dan manfaat, tahapan, macam pengolahan dan sistem pengolahan tanah, hingga berbagai jenis alat dan mesin yang dipakai dalam mengolah tanah,” katanya.

Adapun ditambahkan dia, tujuan utama pelatihan teknik pengolahan tanah tersebut yakni agar Babinsa diharapkan dapat berbagi pengetahuan mengenai teknik pengolahan tanah yang baik dengan petani di Desa Binaannya. (fel/sef)

0 Komentar