Hattrick di Laga Final, Kylian Mbappe Rebut Sepatu Emas Piala Dunia 2022

Hattrick di Laga Final, Kylian Mbappe Rebut Sepatu Emas Piala Dunia 2022
Kylian Mbappe meraih penghargaan sepatu emas Piala Dunia 2022 dengan 8 gol.(foto/twitter/@ESPNFC)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Penyerang Prancis, Kylian Mbappe merebut Sepatu Emas Piala Dunia 2022 setelah mencetak trigol dalam laga final menghadapi Argentina, Minggu 18 Desember 2022.

Sebelum laga final, Mbappe bersaing dengan Lionel Messi sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022. Kedua pemain sama-sama telah mencetak lima gol.

Messi menjadi pemain pertama yang terlibat dalam 20 gol di Piala Dunia ketika ia membuka skor melalui penalti setelah pelanggaran Ousmane Dembele pada Angel Di Maria. Dengan gol itu, di babak pertama Messi juga mengungguli Mbappe dalam daftar top skor dengan 6 gol.

Baca Juga:Varane Kecewa Tapi Bangga, Prancis Kalah dengan Kepala TegakArgentina Vs Prancis: Sebuah Klimaks Perjalanan Piala Dunia 2022

Namun, Mbappe kembali ke persaingan usai membuat aksi menakjubkan dengan dua golnya di 10 menit terakhir pertandingan. Diawali dengan sepakan penalti di menit ke-80, Mbappe kemudian mengungguli jumlah gol Messi melalui tendangan voli dengan jarak 97 detik dari gol pertama.

Messi terlihat hampir menyegel penghargaan sekaligus dan trofi untuk negaranya ketika dia membawa Argentina kembali unggul di perpanjangan waktu.

Namun Mbappe merespons dengan gol lewat tendangan penaltinya yang sekaligus membawa Mbappe menjadi sejajar dengan pemain Inggris Geoff Hurst yang juga mencetak trigol di partai final Piala Dunia di Jerman Barat pada 1966. Mbappe melanjutkan aksi gemilangnya dengan sukses menjadi algojo pada babak adu penalti.

Tapi kegagalan eksekusi dari Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni membuat perjalanan Mbappe berakhir dengan cara yang memilukan saat Argentina merebut gelar ketiga mereka.

Mbappe yang juga mencetak gol dalam kemenangan Prancis di final Piala Dunia 2018 melawan Kroasia, menjadikan pemain PSG tersebut sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dalam sejarah final Piala Dunia dengan empat gol. Sementara total 12 golnya di turnamen empat tahunan itu, membuatnya sejajar dengan legenda Brasil Pele.

Total delapan gol Mbappe di Qatar juga menyamai capaian Ronaldo di Piala Dunia 2022. Delapan gol Mbappe bersama Ronaldo, juga menjadi yang kedua terbanyak dalam satu gelaran Piala Dunia. Jumlah gol itu masih di bawah rekor yang dicetak Gerd Muller pada Piala Duni 1970. Catatan gemilang tersebut itu akan menjadi sedikit hiburan bagi Kylian Mbappe menyusul kekalahan menyakitkan Prancis atas Argentina.(nul)

0 Komentar