Tips agar Anak Tak Mudah Kena Batuk Pilek

Tips agar anak tak mudah kena batuk pilek
Ilustrasi batuk pilek pada anak. (@brgfx/freepik.com)
0 Komentar

2. Jangan Merokok

Dokter Denta juga menyarankan agar jangan ada yang merokok di rumah. Asap dan sisa-sisa rokok bisa mengiritasi saluran napas anak dan membuat alergi anak gampang kambuh.

Asap rokok juga bisa menyebabkan anak terkena infeksi berat saluran napas.

3. Optimalkan Protokol Kesehatan (Perilaku Hidup Bersih Sehat)

Dokter Denta menegaskan bahwa protokol kesehatan (prokes) tidak hanya dijalankan saat pandemi Covid-19 saja.

Baca Juga:UIN Gus Dur Catat Rekor Jumlah WisudawanRektor UIN Gus Dur Lantik 3 Wakil Rektor, 4 Dekan, dan Direktur Pascasarjana Periode 2022–2025

Kita semestinya membiasakan menerapkan prokes dalam keseharian kita. Apalagi, ada banyak macam infeksi saluran napas yang gejalanya bisa membuat anak demam batuk pilek. Ada pula RSV, influenza, pneumonia streptokokus, dan banyak lagi.

Anak harus diajari rajin cuci tangan dengan sabun. Baik itu sebelum berangkat ke sekolah, setelah pulang ke rumah, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah buang air, dan sebagainya.

Ajari pula anak untuk rajin memakai masker dan jaga jarak setiap kali diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

Kalau anak batuk atau bersin, ajari untuk batuk dengan etika batuk yang baik, ditutup dengan siku atau tisu, dan cuci tangan setelahnya.

Selain itu, orang tua maupun semua orang dewasa yang ada di rumah juga harus disiplin. Orang tua pun harus rajin cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Hal ini supaya orang tua atau orang dewasa tidak menularkan virus ataupun penyakit ke anak lantaran tidak disiplin menerapkan prokes setiap kali keluar rumah.

4. Asupan Makanan yang Bergizi

Asupan nutrisi pada anak ini krusial sekali agar anak mendapatkan cukup energi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan agar badan selalu optimal.

Anak tidak membutuhkan suplemen vitamin khusus jika dirasa kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi dengan baik.

Baca Juga:Hadis Qudsi: Pengertian dan Perbedaannya dengan Al-Qur’anBMKG: Waspada Potensi Banjir Rob di Pesisir Jateng pada 28 Desember 2022 – 8 Januari 2023!

Jikapun anak sering batuk pilek, kita bisa mempertimbangkan untuk memberi asupan tambahan suplementasi vitamin D. Namun pemberian nutrisi dan suplemen ini sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

5. Vaksinasi Seluruh Anggota Keluarga

Setiap harinya, dalam setiap hirupan napas ada miliaran kuman yang ikut masuk ke dalam saluran napas.

Untuk diketahui, saluran napas kita adalah ‘tempat nongkrong‘ miliaran kuman dan virus saluran pernapasan. Kalau imun kita lemah, kuman dan virus itu akan menyerang hingga sampai ke paru-paru. Paling banyak yang mungkin menyerang adalah virus influenza dan bakteri streptokokus, dan juga Covid.

0 Komentar