Adem, Para Kiai NU dan Muhammadiyah Berziarah ke Makam Mbah Moen di Mekah

Adem, Para Kiai NU dan Muhammadiyah Berziarah ke Makam Mbah Moen di Mekah
BERDOA - Para kiai pesantren tengah berdoa dalam kesempatan ziarah ke sejumlah tempat bersejarah di Mekah, termasuk ke makam Mbah Moen di Ma'la, Sabtu (24/12/2022). Dok. PM Tazakka
0 Komentar

Senada, KH. Lukman Haris Dimyati menyatakan bahwa sinergi pesantren salafiyah dan ashriyah adalah bagian dari nasehat Mbah Moen yang selalu disampaikannya di berbagai kesempatan.

Ketua Yayasan Assalam Fil Alamin, Komjen Pol Dr. Syafrudin Kambo, menyatakan bahwa pesantren sebagai basis perkaderan umat perlu terus diperkuat dengan cara bersinergi dan berkolaborasi antara berbagai elemen di pesantren dan penguatan kerjasama dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

“Jadi pesantren itu harus kuat luar dalam. Internela mereka kuat, termasuk kemandirian ekonominya, keluar mereka juga kuat karena jejaringnya dengan berbagai perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri. Dengan cara ini, pesantren punya modal yang kuat untuk mengkader umat sekaligus berkontribusi untuk bangsa dan negara,” jelas mantan Wakapolri ini. (sef)

0 Komentar