Turun Berok alias Hernia: Jenis, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Turun berok atau hernia, gejala, penyebab, dan pengobatannya
Ilustrasi penyakit hernia. (@brgfx/freepik.com)
0 Komentar

Dalam kasus hernia umbilikalis pada anak, pembedahan mungkin disarankan jika hernia berukuran besar atau belum sembuh pada usia 4 hingga 5 tahun. Pada usia ini, seorang anak biasanya dapat menghindari komplikasi bedah.

Jika orang dewasa mengalami hernia umbilikalis, pembedahan biasanya disarankan karena kondisinya kemungkinan besar tidak akan membaik dengan sendirinya dan risiko komplikasi lebih tinggi.

Salah satu dari tiga jenis operasi hernia dapat dilakukan:

• Operasi terbuka : dokter akan membuat sayatan pada tubuh di lokasi hernia. Jaringan yang menonjol dipasang kembali dan dinding otot yang melemah dijahit kembali.

Baca Juga:Naik ke Ranking 5 Dunia, Anthony Ginting Menempel Ketat Jonathan Christie7 Keterampilan yang Harus Dimiliki Pemuda Masa Kini di Era Digital

• Operasi laparoskopi: melibatkan jenis perbaikan yang sama. Namun, alih-alih sayatan di bagian luar perut atau selangkangan, sayatan kecil dibuat untuk memungkinkan penyisipan alat bedah, kemudian dilakukan prosedur sebagaimana yang biasa dilakukan.

• Perbaikan hernia robotik : seperti operasi laparoskopi, yakni menggunakan sayatan kecil, pembedahan hernia secara robotik ini mengandalkan bantuan alat semacam robot untuk beberapa kasus hernia yang kecil.

Tentunya, setiap jenis operasi jernia tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pengobatan seperti apa yang mesti dijalani, dokterlah yang akan memutuskan dengan berbagai pertimbangan.

Pencegahan Penyakit Hernia :

• Pertahankan berat badan ideal dengan makan makanan sehat dan berolahraga.

• Makan cukup buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk menghindari sembelit.

• Gunakan bentuk yang benar saat mengangkat beban atau benda berat.

Hindari mengangkat apapun yang di luar kemampuan Anda.

• Temui dokter jika Anda sakit dengan batuk atau bersin yang terus-menerus.

• Jangan merokok, karena kebiasaan tersebut dapat menyebabkan batuk yang memicu hernia. (***)

sumber gambar: Image by brgfx on Freepik

0 Komentar