Duh, Komponen Penting Lampu PJU Beberapa Ruas Jalan di Kota Pekalongan Hilang Dicuri Orang

Komponen PJU di beberapa ruas jalan di Kota Pekalongan hilang dicuri orang
Salah satu panel kelistrikan PJU di Kota Pekalongan yang jadi sasaran pencurian. (Dok/Instagram/@dishubkotapekalongan)
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Sejumlah ruas jalan protokol di Kota Pekalongan dalam beberapa hari terakhir gelap gulita karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tidak menyala.

Kondisi tersebut antara lain terjadi di sepanjang Jalan Binagriya Raya, Jalan Jenggala, Jalan Sabrawi, Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan Letjen Suprapto tidak menyala ketika malam hari.

Praktis, penerangan di ruas-ruas jalan tersebut hanya berasal dari lampu rumah-rumah warga, toko, maupun dari kendaraan bermotor yang lalu lalang.

Baca Juga:Apriyani/Fadia Tempati Ranking 11 Dunia meski Baru 9 Bulan DipasangkanTurun Berok alias Hernia: Jenis, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Kondisi tersebut tentunya berpotensi menimbulkan kerawanan. Baik itu rawan terjadi kecelakaan lalu lintas maupun aksi kriminalitas.

Padamnya PJU itu ternyata bukan tanpa sebab. Melainkan karena ada sejumlah komponen ataupun panel PJU yang dijebol dan diambil orang.

Kejadian ini pun sudah disampaikan oleh Dinas Perhubungan Kota Pekalongan melalui akun Instagramnya di @dishubkotapekalongan, Minggu (25/12/2022) malam.

Dilaporkan bahwa PJU sepanjang bina griya raya mati (25 Desember 2022). Setelah dicek oleh tim PJU Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, ditemukan bahwa MCB (Miniature Circuit Breaker) telah hilang, hal tersebut tentunya sangat membahayakan mengingat adanya arus listrik, selain itu masyarakat juga akan terganggu dengan padamnya listrik, apalagi dalam kondisi hujan. Mohon masyarakat untuk ikut menjaga aset tersebut,” tulis @dishubkotapekalongan.

Dishub pada Senin (26/12/2022) juga kembali mengunggah informasi yang sama. Namun kali ini lebih banyak lagi PJU yang menjadi korban.

Banyaknya lampu PJU yang mati akhir-akhir ini disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah hilangnya MCB, kontaktor, dan timer, yang mengakibatkan matinya satu jaringan listrik dalam sebuah wilayah,” beber Dishub.

Berdasar informasi, lanjut Dishub, beberapa panel PJU yang telah dijebol, diantaranya:

Baca Juga:Naik ke Ranking 5 Dunia, Anthony Ginting Menempel Ketat Jonathan Christie7 Keterampilan yang Harus Dimiliki Pemuda Masa Kini di Era Digital

  1. PJU Jl. Jenggala: MCB pembagi hilang 2 unit; PJU Jl. Sabrawi: MCB PLN dan MCB pembagi hilang;
  2. PJU Jlm Bina Griya Raya: MCB hilang;
  3. PJU Jl. Urip Sumoharjo: MCB dan Fotocell hilang; serta
  4. PJU Jl. Letjen Suprapto: Kontraktor dan Timer Panasonic hilang.

Adanya kejadian tersebut, masyarakat diimbau untuk bersama-sama menjaga aset daerah, baik itu panel PJU maupun aset lainnya.

Disampaikan pula bahwa panel PJU yang telah disebutkan tadi, telah dilakukan perbaikan oleh tim PJU Dinas Perhubungan Kota Pekalongan.

0 Komentar