Wudhu sebagai Sarana Menghapus, Ini Dalilnya?

<strong>Wudhu sebagai Sarana Menghapus, Ini Dalilnya?</strong>
Salah satu ibadah yang bisa menggugurkan dosa adalah wudhu. (Radarpekalongan.id/nu.network)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Setiap orang pasti tidak luput dari kesalahan atau dosa. Entah disengaja atau tidak, kesalahan hampir setiap hari dilakukan. Untuk itu sudah sepantasnya seorang mukmin berusaha tidak melakukan dosa. Tetapi jika itu terlanjur terjadi, maka sebaiknya bertobat dan memohon ampunan kepada Allah SWT dengan melakukan berbagai ibadah yang bisa menghapus kesalahan.Salah satu ibadah yang bisa menggugurkan dosa adalah wudhu. Mungkin terdengar tidak ada hubungannya antara wudhu dengan gugurnya dosa. Tetapi itulah salah satu rahasia dari ibadah. Terkadang terlihat hanya berhubungan dengan fisik, tetapi hakikatnya juga berhubungan secara non fisik, karena setiap ibadah pasti memiliki dimensi lahir dan batin.Wudhu yang merupakan salah satu jenis taharah (bersuci) pada dasarnya adalah ibadah untuk menghilangkan hadas atau kotoran. Tetapi, Imam al-Ghazali berpendapat bahwa taharah bukan hanya soal membersihkan kotoran, tetapi juga membersihkan sesuatu yang bersifat batin. Menurutnya, taharah memiliki empat tingkatan.والطهارة لها أربع مراتب المرتبة الأولى تطهير الظاهر عن الأحداث وعن الأخباث والفضلات المرتبة الثانية تطهير الجوارح عن الجرائم والآثام المرتبة الثالثة تطهير القلب عن الأخلاق المذمومة والرذائل الممقوتة المرتبة الرابعة تطهير السر عما سوى الله تعالى وهي طهارة الأنبياء صلوات الله عليهم والصديقين

Artinya: Taharah memiliki empat tingkatan. Tingkatan pertama, membersihkan anggota badan yang tampak dari hadas, dan kotoran. Tingkatan kedua, membersihkan anggota badan dari maksiat dan dosa. Tingkatan ketiga, membersihkan hati dari akhlak tercela dan perbuatan buruk yang dibenci. Tingkatan keempat, membersihkan sirr dari selain Allah SWT. Tingkatan yang keempat ini adalah taharahnya para nabi dan siddiqin. (Ihya Ulumuddin, Dar Ibn Hazm, halaman: 148)

Penjelasan hujjatul Islam di atas, setidaknya memberikan pemahaman bahwa terkadang ibadah yang terlihat hanya membersihkan sesuatu yang bersifat lahir, tetapi pada dasarnya akan berdampak pada batin. Hikmah ini juga yang terkandung dalam wudhu.

Rasulullah bersabda:عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال ألا أخبرُكُم بما يَمحو اللَّهُ بِهِ الخطايا، ويرفعُ بِهِ الدَّرجاتِ:قالوا بلي إسباغُ الوضوءِ على المَكارِهِ، وَكَثرةُ الخُطا إلى المساجِدِ، وانتظارُ الصَّلاةِ بعدَ الصَّلاةِ، فذلِكُمُ الرِّباطُ، فذلِكُمُ الرِّباطُ، فذلِكُمُ الرِّباطُ   .أخرجه مسلم (٢٥١) 

Baca Juga:4 Prioritas Kehidupan Gus Dur menurut Alissa Wahid, apa itu?Tata Cara Bertetangga dengan Orang Musyrik, ini Kisah Imam Abu Yazid yang Patut Dicontoh?

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang dengannya Allah menghapuskan kesalahan-kesalahn dan mengangkat derajat? Mereka menjawab: Ttentu, wahai Rasulullah. Rasulullah bersabda: Menyempurnakan wudhu pada saat yang dibenci, banyak berjalan ke masjid, dan menunggu shalat berikutnya setelah shalat. Maka itulah ribat. (Shahih Muslim, Dar al-Kutub al-Ilmiyah, halaman: 219)Dalam kitab Syarah Shahih Muslim dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan  يَمحو اللَّهُ  adalah  يَغفِر ويَستُر mengampuni dan menutupi. Sedangkan arti dari بِهِ الخطايا adalah ما كان من ذُنوبٍ ومعاصٍ artinya sebagian dari dosa dan maksiat. Sedangkan makna dari ويَرفع به الدَّرجات adalah ويكون سببًا في عُلُوِّ المَنزِلة في الدُّنيا والآخِرة dihaspuskannya dosa itu bisa menjadi sebab tingginya derajat di dunia dan akhirat. (Syarah Shahih Muslim li-Nawawi, Muasasah al-Qurtubah, juz 3, halaman: 179) 

0 Komentar