Ini Rincian Kios Pedagang di Pasar Senggol Kuripan yang Terbakar

kios pedagang di pasar senggol kuripan yang terbakar
Warga melihat sisa kebakaran di Pasar Senggol Kuripan, Kota Pekalongan, Selasa (27/12/2022) pagi. (Radarpekalongan.id/Wahyu Hidayat)
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Puluhan kios di Pasar Senggol Kuripan, Kota Pekalongan pada Senin (26/12/2022) malam terbakar.

Kebakaran diketahui terjadi sekira pukul 20.00 WIB, sesaat setelah hujan deras reda. Kobaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 23.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Koordinator Pedagang Pasar Kuripan, Rohman, mengatakan kalau total jumlah kios di Blok F sekitar 48 kios. “Untuk jumlah kerugiannya belum bisa ditotal,” katanya, Selasa (27/12/2022) pagi.

Baca Juga:Polisi Larang Wisatawan Main di Bibir Pantai dan Mandi di Laut, Ini AlasannyaAlhamdulillah, Kebakaran di Pasar Senggol Kuripan Bisa Dipadamkan dalam Waktu 3 Jam

Rohman menuturkan kios pedagang yang terbakar terdiri dari beragam jenis. Ada kios barang antik, kios penjualan besi gavalum atau baja ringan, kios barang bekas, dan sebagainya.

“Penyebab kebakarannya sementara ini belum diketahui. Sampai saat ini kami juga belum tahu para pedagang yang kiosnya terbakar akan diarahkan kemana,” imbuhnya.

Sementara itu, hasil pendataan sementara di lokasi, total ada 49 kios milik pedagang yang hangus terbakar.

Kios-kios ini berada di Blok F Pasar Senggol Kuripan. Terdiri dari berbagai macam kios, sebagian besar merupakan kios besi dan kios barang bekas. Ada pula kios barang antik, kios mesin jahit, hingga kios yang digunakan untuk usaha permak jins.

Total kerugian secara resmi belum bisa diketahui. Namun dari informasi di lapangan, sumber Radar Pekalongan menyebutkan kerugian materiil dari nilai barang-barang milik pedagang yang hangus terbakar dilerkirakan mencapai hingga Rp1,2 miliar.

Jumlah tersebut belum termasuk nilai kerugian bangunan kios. Bangunan kios di pasar ini adalah milik Pemerintah Kota Pekalongan.

Pendataan di lapangan, rincian kios yang terbakar, meliputi:– Kios besi: 19– Kios sparepart motor: 12– Kios mesin jahit: 4– Kios barang bekas: 11– Kios permak jins: 1– Kios barang antik: 2Total: 49 kios

Baca Juga:Puluhan Kios di Pasar Senggol Kuripan TerbakarDuh, Komponen Penting Lampu PJU Beberapa Ruas Jalan di Kota Pekalongan Hilang Dicuri Orang

Pantauan pada Selasa (27/12/2022) pagi, area sekitar lokasi kebakaran sudah dipasangi garis polisi. Sejumlah warga tampak melihat-lihat kios yang sudah hangus terbakar dari luar garis polisi.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polres Pekalongan Kota, Polsek Pekalongan Selatan, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, serta Satpol P3KP Kota Pekalongan berjaga di lokasi untuk melakukan pengamanan.

0 Komentar