Polisi Larang Wisatawan Main di Bibir Pantai dan Mandi di Laut, Ini Alasannya

Polisi larang wisatawan main di bibir pantai dan mandi di laut
Kasat Polairud Polres Pekalongan Kota AKP Nyoman Herwanto bersama anggotanya dan personel KP IX-1015 Dit Polairud Polda Jateng melakukan patroli dan memberi imbauan ke pengunjung Taman Wisata Laut Pasir Kencana Kota Pekalongan untuk tidak mandi di laut, Senin (26/12/2022). (Radarpekalongan.id/Wahyu Hidayat)
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Kondisi gelombang atau ombak di pesisir pantai Kota Pekalongan sejak beberapa hari terakhir sedang tinggi. Selain itu, anginnya juga kencang.

Maka, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga ataupun wisatawan yang berkunjung ke pantai dilarang untuk berenang di laut maupun bermain di bibir pantai sehingga membahayakan.

Larangan ini disampaikan oleh petugas kepolisian dari Satpolairud Polres Pekalongan Kota serta Dit Polairud Polda Jateng, Senin (26/12/2022).

Baca Juga:Alhamdulillah, Kebakaran di Pasar Senggol Kuripan Bisa Dipadamkan dalam Waktu 3 JamPuluhan Kios di Pasar Senggol Kuripan Terbakar

Mereka melakukan patroli di kawasan Taman Wisata Laut (TWL) Pasir Kencana Kota Pekalongan serta sepanjang pesisir pantai Kota Pekalongan.

Setiap menjumpai warga yang berada di kawasan TWL maupun di bibir pantai, para petugas langsung mendekat dan menyampaikan berbagai hal. Utamanya imbauan untuk tidak mandi di laut.

“Masyarakat kita minta supaya tidak mandi atau berenang di laut. Saat ini kondisi ombak sedang besar, anginnya juga kencang,” kata Kasat Polairud Polres Pekalongan Kota AKP Nyoman Herwanto, didampingi Komandan KP IX-1015 Dit Polairud Polda Jateng Aipda Wahyoe Tri P.

AKP Nyoman mengatakan pihaknya bersama personel Dit Polairud Polda Jateng akan terus melakukan patroli dan pengamanan di kawasan pantai agar imbauan ataupun larangan itu dipatuhi warga.

Selain patroli, Polairud juga mendirikan sejumlah pos keamanan di sekitar lokasi. “Jika sewaktu-waktu ada kejadian, kami bisa segera melakukan tindakan penyelamatan yang pertama,” tuturnya.

Ditambahkan Nyoman bahwa pada musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini, wisatawan yang berkunjung ke pesisir pantai maupun Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana, mengalami peningkatan.

Tiap harinya, sejak sepekan terakhir ratusan wisatawan dari dalam maupun luar Kota Pekalongan berkunjung untuk sekadar menikmati suasana pantai, maupun bermain di sejumlah wahana yang disediakan.

Baca Juga:Duh, Komponen Penting Lampu PJU Beberapa Ruas Jalan di Kota Pekalongan Hilang Dicuri OrangApriyani/Fadia Tempati Ranking 11 Dunia meski Baru 9 Bulan Dipasangkan

Sebelumnya, BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini terjadinya cuaca ekstrem dan potensi terjadinya banjir pesisir (rob) di sejumlah wilayah pesisir Indonesia menjelang akhir tahun 2022.

Dalam press release atau siaran pers tertanggal 19 Desember 2022, Pusat Meteorologi Maritim BMKG menyampaikan tentang adanya fenomena Bulan Baru pada tanggal 23 Desember 2022 dan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 24 Desember 2022.

0 Komentar