BATANG – Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Batang, Subiyanto mengajak UMKM di Batang untuk terbiasa dengan dunia digitalisasi. Pasalnya di era saat ini mau tidak mau UMKM harus beradaptasi sehingga bisa bertahan dan semakin berkembang.
Hal ini seperti dikatakan Subiyanto ketika menggelar Forum Konsultasi Publik Tahun 2022, beberapa waktu lalu. Menurutnya pemerintah saat ini sudah mulai menerapkan sistem digitalisasi untuk kebutuhan pembelajaan produk. Sehingga dalam prakteknya UMKM harus menjadi bagian dan masuk ke dalam katalog berbasis digital.
“Pengadaan barang di zaman ini memang sudah berbasis elektronik. Jadi semua serba digital. Di Batang sendiri ada program seperti Gratis Ongkir, e-Blangkon dan juga ada Katalog Lokal. Yang mana kami juga sudah siapkan UMKM untuk dibina dan dilatih agar bisa masuk ke dalam sistem ini,” ujarnya.
Baca Juga:Galau Berat, Ini Lirik Lagu Kalih Welasku dari Denny Caknan, Ada Kaitannya dengan Happy Asmara?Trending di Twitter, Ini Lirik Lagu Film Out dari BTS
Dikatakannya, di tahun 2022 pihaknya sudah menyiapkan sekitar 30 UMKM untuk bisa beradaptasi dengan sistem elektronik dan digitalisasi. Meski begitu diakuinya masih banyak UMKM yang belum secara maksimal beradaptasi dengan cara baru ini.
“Masih ada beberapa yang belum bisa maksimal. Karena memang sudah banyak disibukkan dengan orderan yang biasa. Sehingga belum maksimal di elektroniknya. Yang jelas kami berupaya agar mereka bisa mengikuti dan beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga UMKM Batang semakin maju,” imbuhnya.
Dalam kesempatan ini, Disperindagkop dan UKM juga menerima masukan dari beberapa mitra. Sehingga akan menjadi evaluasi dan penentuan kebijakan program kerja ke depan.
“Di forum ini kami hadirkan perwakilan mitra kami, baik dari UMKM, koperasi, pengelola SPBU, Wartawan, LSM dan Lembaga Pendidikan dan instansi terkait. Kami berharap dapat feedback dari pelayanan yang kami berikan selama ini. Alhamdulillah secara umum penilaiannya bagus, dan saran-saran yang diberikan insyaallah akan kami gunakan untuk meningkatkan layanan kami ke depan,” pungkasnya. (nov)