Naik Tipis, DIPA Polres Batang Tahun 2023 jadi Rp 64,5 Miliar

Naik Tipis, DIPA Polres Batang Tahun 2023 jadi Rp 64,5 Miliar
FOTO BERSAMA - Kapolres bersama Pj Bupati Batang dan PJU Polres Batang berfoto bersama usai melakukan penandatangan pakta integritas. M Dhia Thufail
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Polres Batang untuk tahun 2023 naik sebesar 3,01 persen dibanding pada tahun sebelumnya. Kapolres Batang, AKBP M Irwan Susanto mengatakan, DIPA yang diterima Polres Batang pada tahun 2022 sebesar Rp 62.622.185.000 dan pada 2023 menjadi Rp 64.507.844.000.

“Jadi ada kenaikkan DIPA sebesar 3,01% atau setara Rp 1.885.659.000. Namun demikian meski angkanya besar, kami rasa masih kurang, makanya kita disupport oleh Pemkab dan DRPD,” kata Kapolres, Selasa (27/12/2022).

Polres Batang sebagai institusi pemerintah berkewajiban mensosialisasikan DIPA sebagai wujud transparansi dalam pengelolaan anggaran. “Ada evaluasi untuk penggunaan DIPA 2022. Di mana anggaran sebesar Rp429.734.737 tidak terserap dengan baik, dan terpaksa harus dikembalikan kepada negara,” terangnya.

Baca Juga:Cuaca Sedang Ekstrem, Nelayan di Kendal Enggan MelautBobol Rumah Dokter di Batang, Gasak Uang Ratusan Juta, Pelaku Ternyata Tetangga Korban

Dengan adanya koreksi itu, Kapolres meminta rekan rekan angggota pengguna anggaran dapat melaksanakan kegiatan dengan baik, dan pertanggungjawaban yang akuntabel. Sehingga harapan masyarakat dengan diberikannya anggaran yang sedemikian besar dapat simultan dan bermanfaat dengan baik.

Kapolres pun menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten Batang dan DPRD Batang yang telah mendukung Polres Batang dalam memberikan anggaran di luar DIPA yang diperoleh.

“Untuk tahun depan, anggaran yang dibantu oleh Pemkab dan DPRD akan digunakan untuk pembangunan Polsubsektor Banyuputih. Karena ini lebih prioritas. Dan utnuk mendukung peningkatan tipe polres,” katanya.

Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengatakan, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran 2023 yang dibuat oleh Polres Batang tentunya sudah melalui perencanaan cukup matang .

“Demikian pula, nantinya (dalam penggunaan DIPA, red) diharapkan sesuai dengan perencanaan. Namun demikian, untuk kemungkinan dalam pelaksanaanya nanti ada kendala yang tidak dapat dilakukan secara maksimal sehingga hal itu dibutuhkan penyesuaian,” katanya.

Dikatakan, Pemkab bersama DPRD akan berupaya memberikan support dengan memberikan anggaran dan kegiatan fisik/konstruksi yang tidak dianggarkan pada DIPA Polres Batang. “Pemkab yang didukung oleh DPRD akan memenuhi kebutuhan polres sepanjang tidak terjadi duplikasi anggaran dengan DIPA,” katanya. (fel/sef)

0 Komentar