ReferensiIkhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Maloney, E. A., Ramirez, G., Gunderson, E. A., Levine, S. C., & Beilock, S. L. (2015). Intergenerational effects of parents’ math anxiety on children’s math achievement and anxiety. Psychological Science, 26(9), 1480–1488. https://doi.org/10.1177/0956797615592630
Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan matematika siswa sekolah menengah pada pembelajaran matematika dalam jaringan. Jurnal Elemen, 7(2), 407–424. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3522
Baca Juga:8 Standar Kehalalan Produk Kosmetika dan Penggunaannya menurut MUI, Yuk Disimak!Coffee Morning Hybrid: Cara Lapas Pekalongan Tingkatkan Sinergitas Internal
OECD. (2019). Country Note PISA 2018 Results: Indonesia. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Shi, X., Xu, J., Wang, F., & Cai, D. (2022). Cognitive processing features of elementary school children with mathematical anxiety: Attentional control theory-based explanation. Journal of Experimental Child Psychology, 224, 105513. https://doi.org/10.1016/J.JECP.2022.105513
Soelaeman, M. I. (1994). Pendidikan dalam Keluarga. Alfabeta.
*) Penulis adalah Mahasiswa S3 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia
Dosen UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan