RADARPEKALONGAN.ID – Perumda Air Minum (PAM) Tirto Panguripan Kendal berhasil melampaui target penambahan pelanggan baru di tahun 2022 ini. Sampai dengan 14 Desember 2022 kemarin, realisasinya sudah mencapai 6.057 pelanggan.
Jumlah tersebut melampaui target yang ditetapkan, yang hanya 5.500 sambungan rumah (SR). “Target pelanggan baru tercapai karena kerja keras seluruh pegawai,” kata Dirut Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, Sunanto, Selasa (27/12/2022).
Dia menerangkan, dari perbandingan tahun ke tahun, pada akhir Desember 2021 lalu jumlah warga Kendal yang menjadi pelanggan Perumda Air Minum Tirto Panguripan sebanyak 91.959 pelanggan. Sementara di akhir November 2022 kemarin jumlah pelanggan sudah mencapai 97.057.
Baca Juga:Hanya di Akhir Tahun, Warga Berburu Kerang Putih di Pantai Sendang Sikucing KendalUsia Tanam Baru 2 Pekan, Puluhan Hektar Areal Padi Terendam Banjir
Pihaknya optimis, bahwa hingga akhir Desember 2022 jumlah pelanggan baru masih akan terus bertambah. “Target kami pada 2023 bertambah 6.000 pelanggan baru,” tegas Sunanto.
Direktur Teknik PAM Tirto Panguripan, Kuntofiq menambahkan, untuk menyuplai kebutuhan air bersih kepada puluhan ribu pelanggan tersebut, pihaknya memiliki puluhan sumur dalam dan sejumlah mata air.
“Kami juga mempunyai keran air siap minum yang berada di ruang publik, yakni di halaman GOR Bahurekso di kawasan Alun-alun Kendal, di depan RTH Hutan Klorofil di Jalan Stadion, dan di Taman Gajah Mada. Air bisa dikonsumsi tanpa direbus dan gratis untuk masyarakat,” jelasnya.
Sementara Direktur Administrasi dan Keuangan, Didik Yudya, menjelaskan, selama 2022, pihaknya melakukan berbagai kegiatan maupun bakti sosial. Kegiatan itu antara lain meluncurkan aplikasi Si Topan yang merupakan singkatan dari Tirto Panguripan.
Aplikasi tersebut diluncurkan pada acara puncak HUT ke-36 Perumda Air Minum Tirto Panguripan yang diselenggarakan di Stadion Utama Kebondalem Kendal. Si Topan bisa digunakan masyarakat umum dan pelanggan Perumda Air Minum Tirto Panguripan.
“Pelanggan bisa mencari informasi tentang perbaikan atau kebocoran, cek tagihan, dan aduan yang langsung terhubung dengan whatsapp pengaduan,” terangnya.
Selain itu juga menyantuni anak yatim dan menyalurkan zakat pegawai perusahaan ke beberapa panti asuhan yang dikemas dalam Safari Ramadan.“Kami juga menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah desa di beberapa kecamatan yang kekurangan air bersih,” pungkasnya. (lid/sef)