KU Leuven terus berbangga karena inovasinya mendunia berkat inovasinya diadopsi Samsonite, merk tas terkemuka di dunia. Sebenarnya kita pun patut bangga karena pepaya Calina (atau California) IPB telah masuk ke 11 negara , nanas PK 1 masuk Korea Selatan, Singapura dan taiwan, dan aneka produk One Village One CEO menembus pasar 11 negara. Sejauhmana inovasi-inovasi kita makin meluas dan meluas serta bertahan di pasar dunia dalam rentang waktu yang lama sebagaimana Samsonite?
Disinilah kita perlu grit baru untuk tidak sekedar bertahan di puncak tetapi harus mampu menciptakan puncak baru sebagai global player dalam semua aspek: pendidkan, riset, inovasi, dan pengabdian masyarakat. Menjadi global player adalah sebuah mimpi. Bukankah kata pepatah, mimpi itu gratis dan bermimpilah saat kita sadar bukan saat tertidur? Bahkan Bung Karno pun berpesan, “ Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh engkau akan jatuh diantara bintang-bintang”. Mimpi inilah yang bisa menjadi energi baru kita untuk benar-benar naik kelas dengan puncak-puncak baru.
Terima kasih atas kerja keras dan kohesivitas kita semua. Selamat menutup tahun 2022 dengan capaian yang membanggkan. Selamat tahun baru 2023 dengan grit baru bertema “ local-global interconnectivity ”. Insya Allah tema ini menjadi doa sekaligus tekad kita untuk semakin menapaki tangga baru untuk naik kelas: dari Darmaga untuk dunia. IPB digdaya !
Desember 2022, https://ipb.ac.id/rektorinsight/index/2022/12/grit-2023/31