Cara Menentukan Resolusi Tahun Baru 2023 Biar Tidak Sekedar Wacana

resolusi tahun baru 2023, cara menentukan resolusi tahun baru, resolusi 2023, rencana tahun baru
Radar Pekalongan - Cara Menentukan Resolusi Tahun Baru 2023 Biar Tidak Sekedar Wacana (Ilustrasi foto oleh Tim Mossholder dari Unsplash )
0 Komentar

Cara Menentukan Resolusi Tahun Baru – Menjadi individu yang lebih baik adalah harapan tiap orang. Dan resolusi dibuat untuk perencanaan hal-hal yang ingin dicapai atau ingin dilakukan di tahun yang baru.

Perencanaan dibuat untuk memastikan tujuan serta target hidup. Perencanaan juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi diri, seperti apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus ditinggalkan.

Namun, masih banyak juga yang membuat resolusi tapi berakhir menjadi wacana belaka. Dalam kata lain, rencana yang sudah dibuat sejak awal tahun malah ditinggalkan karena satu dan dua alasan.

Baca Juga:Bantu Korban Terdampak Banjir, Tim Dokkes Polres Pekalongan Buka Layanan Kesehatan GratisInilah Enam Lokasi Pengungsian Banjir di Kabupaten Pekalongan

Hal ini sering disebabkan oleh kesiapan mental yang belum sempurna untuk melakukan perubahan. Ketidak siapan mental ini juga diimbangin dengan minimnya waktu untuk melakuakn perubahan serta target resolusi yang muluk-muluk.

Jadi bagaimna sih cara menentukan resolusi tahun baru yang untuk improvisasi diri dan tidak hanya sekedar wacana? Simak caranya di artikel berikut:

Cara Menentukan Resolusi Tahun Baru 2023

Satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat target resolusi tahun baru kamu, kamu harus bisa membuat perencanaan yang serealistis mungkin. Dengan begitu, kamu kaan bisa meliat perkembangan kamu berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

Selain itu, ada beberapa hal krusial yang bisa kamu jadikan sebagai patokan untuk menentukan resolusi seperti hal berikut:

Memanfaatkan Sistem S.M.A.R.T

SMART ini merupakan singkatan dari specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound.

  • Specific, berarti rencana yang dibuat harus jelas, misal “tahun ini harus mulai nge-gym”, bukan “thaun ini harus lebih sehat”
  • Measurable, terukur. Buat rencana sesesifik mungkin, misal “bisa mempertahankan berat badan di 50 kg”
  • Achievable, dapat diperoleh. Buatlah target yang bisa kamu peroleh dengan melihat kapasitas kamu.
  • Relevant, pilih resolusi yang benar-benar ingin kamu jangkau, bukan karena tren atau ikut-ikutan.
  • Time-bound. Perkirakan jangka waktu untuk mencapai semua rencana yang kamu buat.

Bermula dari Sesuatu yang Kecil

Resolusi seharusnya menjadi perencanaa besar untuk satu tahun kedepan, namun bukan berarti kamu bisa memulai dari hal yang kecil terlebih dahulu. Jangan buat resolusi yang “terlalu besar” hingga meyulitkan kamu untuk menggapainya.

0 Komentar