Cara Menghapus Riwayat Internet di Browser Biar Privasi Aman

Cara Menghapus Riwayat Internet di Browser Biar Privasi Aman
0 Komentar

RadarPekalongan.id – Internet makin erat dengan kehidupan sehari-hari setiap orang. Aktivitas dan minat seseorang bisa tampak dari riwayat website yang dikunjungi. Oleh karena itu, menjaga jejak jelajah internet di browser penting untuk privasi.

Ada banyak alasan untuk menghapus riwayat jelajah internet (browsing history) di HP atau laptop. Setelah menggunakan komputer yang digunakan bersama, misalnya, sebaiknya sejarah pencarian internet dihapus. Tujuannya, adalah agar aktivitas internet tidak bisa dilihat oleh orang tak dikenal

Selain itu, riwayat internet bisa dihapus jika laptop atau HP dipinjam oleh anggota keluarga atau rekan di kantor. Apalagi, jika laptop atau HP dipinjam oleh anak.

Baca Juga:Mau Download Audio Tiktok Tanpa Aplikasi Tambahan, Begini Caranya5 Check List Persiapan dan Rekomendasi Barang Terbaik Untuk Lewati Musim Hujan

Apapun alasannya, rutin menghapus riwayat internet di browser disarankan untuk menjaga privasi.

Setiap browser internet dilengkapi oleh cara menghapus riwayat internet. Namun, setiap peramban menempatkan fitur penghapusan riwayat di lokasi yang berbeda.

Berikut cara menghapus riwayat internet di berbagai jenis browser. Cara ini bisa langsung dipraktikan dan riwayat akan segera terhapus dalam hitungan menit. Berikut informasinya, dirangkum dari PopSci :

Google ChromeUntuk menghapus riwayat di Google Chrome, klik tiga titik untuk masuk ke menu. Berikutnya pilh Settings dan pada sidebar buka menu Privacy & Security.

Berikutnya pilih Clear browsing data. Kamu harus memilih periode waktu yang ingin dihapus setelah itu klik Clear data.

Sebagai catatan, jika kamu mengatur browser sinkron dengan komputer lain melalui akun Google maka saat menghapus riwayat pada satu perangkat akan terjadi hal yang sama di perangkat lain.

Mozila FirefoxKlik lebih dulu tiga garis horizontal di bagian kanan untuk masuk ke menu. Lalu pilih Settings > Privacy & Security dan scroll ke bawa hingga Cookies & Site Data.

Baca Juga:Masyarakat Talun Impikan Punya PasarMau KPR Murah? Berikut Daftar Bank yang Menawarkan Promo Suku Bunga KPR

Kamu bisa menghapus seluruh data dan mengelola data agar memiliki kontrol pada apa yang dihapus. Selain itu centang kotak yang menghapus data browsing setiap menutup Firefox jika tidak ingin melakukan secara manual.

SafariDi Safari, buka lebih dulu menu dan klik Clear History. Pilih rentang waktu yang datanya ingin kamu hapus dan klik Clear History.

0 Komentar