Adapun peran guru dalam pembelajaran yaitu mempersiapkan materi pengantar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, kemudian membimbing siswa menemukan jawaban yang tepat dalam menganalisis nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar. Selain itu guru juga menyiapkan lembar kerja siswa untuk memudahkan siswa dalam menyusun rancangan yang akan siswa rumuskan. Adapaun hal-hal yang harus dilakukan siswa adalah memahami materi pengantar yang disampaikan oleh guru diawal pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan membuat rancangan rumusan nilai- nilai Pancasila dilingkungan sekitarnya.
Model inquiry learning ini terbukti cukup efektif dalam pelaksanaan pembelajaran saat ini. Berdasarkan hasil rancangan yang telah dirumuskan siswa dalam lembar kerja siswa setelah dikoreksi memperlihatkan bahwa hasil rumusan yang disusun telah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang sudah dijelaskan dimateri pengantar. Melalui rumusan yang telah disusun oleh siswa secara inquiry tersebut menjadi salah satu upaya untuk memperkenalkan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan siswa.Setelah mengenali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa dapat mensyukuri keberadaannya dan dapat mengamalkannya di masyarakat. (*)
* Penulis adalah guru di SDN 2 Sojomerto Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal