Lupakan Rasa Pahitnya, Ini 12 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Lupakan Rasa Pahitnya, Ini 12 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan
tumis daun pepaya. (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

  1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Ekstrak daun pepaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Pasalnya, daun pepaya memiliki 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri, serta berbagai sel kanker.

  1. Memiliki efek anti inflamasi

Manfaat daun pepaya lainnya adalah memiliki efek anti inflamasi. Daun pepaya mampu mengobati berbagai kondisi peradangan, seperti ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi. Kandungan papain dan vitamin E dalam daun pepaya yang memiliki efek anti inflamasi.

  1. Detoksifikasi hati dan sembuhkan penyakit hati

Daun pepaya bisa membantu menghilangkan semua racun dan kotoran sehingga mampu bekerja sebagai pembersih alami. Membantu dalam detoksifikasi hati dan membantu menyembuhkan penyakit hati kronis, kanker hati, dan lain sebagainya.

Baca Juga:Pengungsi Terserang Penyakit, Dinkes Terjunkan Tim Kesehatan 24 Jam157 Korban Banjir di Kabupaten Pekalongan Masih Ngungsi, Ini 3 Lokasi Pengungsiannya

Meskipun memiliki segudang manfaat, daun pepaya juga bisa menimbulkan efek samping pada kondisi tertentu. Di antaranya, menimbulkan alergi, dikonsumsi secara berlebihan bisa merusak esofagus, dan enzim papain dalam daun pepaya juga berisiko untuk ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya.

Demikian ulasan tentang manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (had)

0 Komentar