Anak Usia 7 Tahun Belum Bisa Membaca, Jangan Khawatir Ikuti 4 Cara Ini

Anak Usia 7 Tahun Belum Bisa Membaca, Jangan Khawatir Ikuti 4 Cara Ini
Ilustrasi anak membaca (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

Dengan melihat empat tahapan di atas, maka anak usia 7 tahun seharusnya memang sudah bisa membaca. Namun jika anak usia 7 tahun belum bisa membaca, Bunda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk membantu sang buah hati agar lebih lancar membaca:

  1. Menguatkan pemahaman fonem pada anak

Menguatkan pemahaman fonem pada anak menjadi hal penting untuk membantu mengatasi anak belum bisa membaca. Pemahaman fonem sendiri merupakan kapabilitas anak untuk menyatukan atau memecah suku kata (fonem) pada suatu kata yang dibacanya. Kapabilitas ini memiliki hubungan erat dengan pemahaman antara huruf dan suara yang tidak sama. Agar latihan menjadi lebih mudah, Bunda bisa mengajak anak memahami fonem dengan cara berikut:a) Membaca dengan suara keras dan lantang secara bergantian.b) Bermain dengan kata yang memiliki rima. Misalnya duku, kuku, suku, tinta, dadu, dan lainnya.c) Mengajaknya berlatih memecahkan kata yang panjang menjadi suku kata. Misalnya kata me-nu-lis, be-lok-an, dan lainnya.

  1. Memberikan buku bacaan yang sesuai dengan usianya

Cara menangani anak belum bisa membaca selanjutnya yaitu memberikan buku bacaan yang sesuai dengan usia anak, dalam hal ini buku untuk anak usia 7 tahun atau setara dengan kelas 2 SD. Jangan lupa untuk selalu mendampingi sang buah hati setiap ia belajar membaca, sehingga Bunda mengetahui kesulitan apa yang dialaminya.

Baca Juga:Lupakan Rasa Pahitnya, Ini 12 Manfaat Daun Pepaya untuk KesehatanPengungsi Terserang Penyakit, Dinkes Terjunkan Tim Kesehatan 24 Jam

  1. Tidak memaksa

Ketika mengajari anak yang belum bisa membaca, jangan pernah memaksakan untuk membuat anak segera bisa membaca seperti keinginan Bunda. Sebab, hal ini justru membuat anak menjadi stres dan membuat belajar menjadi semakin tidak menyenangkan.

Tetap sabar untuk mengajari dan mendampingi anak. Biarkan ia belajar sesuai kemampuannya. Tak boleh lupa, setiap anak memiliki daya tangkap dan energi yang tidak sama untuk berkonsentrasi pada hal tertentu. Inilah yang perlu dipahami setiap orangtua.

  1. Cek apakah ada potensi disleksia

Ketika anak yang sudah berusia 7 tahun belum bisa membaca, bukan tidak mungkin ia mengalami disleksia. Ini merupakan gangguan belajar yang berpengaruh pada kemampuan sang buah hati untuk mengenal huruf dan mengatur pelafalan suara dalam membaca. Supaya mengetahui apakah benar anak mengalami kondisi ini, anak perlu diperiksa oleh tenaga medis yang kompeten. (had)

0 Komentar