Cuaca Masih Esktrem, Pabung Kodim 0710 Pekalongan Temukan Masih Banyak Pohon Rawan Tumbang di Lingkungan Pemkab Pekalongan

Cuaca Masih Esktrem, Pabung Kodim 0710 Pekalongan Temukan Masih Banyak Pohon Rawan Tumbang di Lingkungan Pemkab Pekalongan
Pabung Kodim 0710 Pekalongan Mayor Kav Muhammad Purbo Suseno bersama Dinas Perkim lakukan pengecekan pohon rawan tumbang di lingkungan perkantoran Pemkab Pekalongan. (Hadi Waluyo).
0 Komentar

KAJEN,Radarpekalongan.id – Cuaca saat ini masih ekstrem, namun banyak pohon rawan tumbang di lingkungan perkantoran, perumahan, dan di tepi jalan. Oleh karena itu, dinas terkait diminta untuk melakukan pemangkasan.

Guna mengantisipasi pohon tumbang saat cuaca ekstrem, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0710 Pekalongan Mayor Kav Muhammad Purbo Suseno melaksanakan koordinasi dengan Dinas Perkim Kabupaten Pekalongan untuk melaksanakan pemangkasan pohon yang rawan roboh di lingkungan perkantoran Pemkab Kabupaten Pekalongan, kemarin.

Mayor Purbo mengatakan, kondisi cuaca saat ini cenderung ekstrem. Sehingga perlu adanya pencegahan dini atau antisipasi ancaman pohon tumbang saat ada hujan disertai angin kencang. Langkah ini perlu dilakukan agar tidak menimbulkan kerusakan ataupun korban jiwa akibat pohon tumbang.

Baca Juga:Banjir Tak Kunjung Surut, Begini Cara Korban Banjir di Kabupaten Pekalongan Tetap BeraktivitasHindari Dampak Buruk Internet dan Gadget, Coba Terapkan 7 Tips Mendidik Anak di Era Digital Ini

“Kita masih melihat adanya pohon yang tinggi dan rawan tumbang apabila diterjang angin kencang, sehingga saat ini saya berkoordinasi dengan personel Dinas Perkim untuk melakukan pengecekan dan perapian, terutama pohon-pohon di lingkungan perkantoran maupun perumahan serta jalan-jalan umum,” jelas Pabung.

Dikatakan, keberadaan pohon besar memang sangat dibutuhkan untuk memperindah dan penyejuk lingkungan, serta penahan bahu jalan agar tidak mudah longsor. Namun perlu adanya pengaturan dan perapian, sehingga selain nyaman dipandang juga tidak membahayakan saat hujan disertai angin kencang.

Pabung juga memberikan imbauan kepada warga untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem, terutama jika dalam perjalanan sedang hujan disertai angin kencang lebih baik berhenti terlebih dahulu untuk menghindari pohon tumbang. “Keamanan diri sendiri lebih penting. Untuk itu kami mengimbau kepada warga yang sedang bepergian apabila di jalan sedang turun hujan disertai angin kencang lebih baik berhenti dan berteduh di tempat aman, sehingga aman dari potensi pohon tumbang maupun kecelakaan lalu lintas,” katanya. (had)

0 Komentar