Promosikan Hanji, NewJeans Dikritik Netizen China

Promosikan Hanji, NewJeans Dikritik Netizen China
Promosikan Hanji, NewJeans Diteror Netizen China.(source/Soompi)
0 Komentar

Radarpekalongan.id – Belum lama ini NewJeans “rookie monster” muncul dalam video promosi dari proyek “2022 Korean Wave-linked Collaborative Content Planning and Development Support” yang dirilis oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata dan Institut Promosi Budaya Desain dan Kerajinan Korea ,(6/1).

Dimana video tersebut memperkenalkan grup wanita ini sebagai “IP Gelombang Korea”.

Secara khusus dilansir dari KpopStarz , iklan tersebut berisi NewJeans yang secara global mempromosikan keunggulan Hanji (Nilai Kertas Tradisional). Serta produk budaya baru Hanji yang mencakup acara bincang-bincang dengan tema tersebut.

Baca Juga:Mitsubishi Ready Nik 2022, Ada DP Ringan atau Bunga 0 Persen Bagi XpanderMAVE: Jadi Girl Group Rookie K-Pop Pertama Debut di Tahun 2023

Kuintet tersebut juga menampilkan cara tradisional membuka bunga Hanji dan membuat lampu Hanji dengan Hanji jang, aset budaya takbenda nasional.

Untuk meningkatkan video yang mempromosikan budaya, NewJeans bahkan mengenakan hanbok modern yang menonjolkan kecantikan mereka.

Seraya berbicara tentang keunggulan, pesona, dan nilai kertas tradisional (Hanji), mengungkapkan lima kata kunci yang relevan.

Dalam video tersebut, penggemar di seluruh dunia juga dapat melihat NewJeans secara pribadi menarik rangkaian Hanji yang terbuat dari kerajinan jiseung, mengagumi produk Hanji dan menyaksikan seorang pengrajin mendemonstrasikan kreasi lembut Hanji.

Bahkan disini setiap anggota juga memilih bunga favorit mereka untuk merasakan seni tersebut.

Menyusul adanya video tersebut, banyak orang Korea yang senang bahwa girl grup tersebut memutuskan untuk mempromosikan produk tersebut, di tengah melemahnya industri Hanji dalam 50 tahun terakhir.

Bahkan, orang Korea berharap bahwa pengaruh dan kekuatan kuintet akan mendorong tidak hanya penggemar lokal tetapi juga mancanegara untuk menerima keunggulannya.

Baca Juga:30 Peringkat Teratas Reputasi Girl Group Bulan Januari DiumumkanChanyeol EXO Dukung Suho di Lokasi Syuting Drama Dengan Kirimkan Food Truk

Namun, disisi lain kritikan muncul dari netizen China yang datang ke SNS resmi NewJeans (Instagram, YouTube) untuk mengungkapkan kemarahan mereka atas grup dan klip tersebut.

Dalam konteksnya, beberapa pengguna web China menuduh NewJeans mempromosikan Korea yang mencuri budaya mereka.

“Seni pembuatan kertas adalah milik China, dan Korea hanya mewarisi teknologi pembuatan kertas China. Mereka mencoba mengambil budaya kita seolah-olah itu adalah teknologi Korea sendiri.” ungkap salah satu Netizen.

“Orang Korea mencuri budaya Tionghoa kami. Kamu bahkan tidak mencoba mengetahui sejarah kami sebelum mencurinya.” Lanjut mereka

0 Komentar