Catat 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Berikut Penjelasannya

Catat 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Berikut Penjelasannya
Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. (Radarpekalongan.id/disway.id)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kalau mau kuliah. Kebanyakan yang menjadi pertimbangan ialah prospek kerjanya paling menjanjikan. Nah, salah satu jurusan yang paling digemari setiap tahunnya adalah jurusan-jurusan di bidang teknik. Yap, jurusan teknik dipercaya sebagai salah satu jurusan dengan lulusan yang punya prospek kerja paling cerah di masa depan. Namun sebelum kamu memilih jurusan yang paling sesuai dengan bakat dan minat kamu, ketahui dulu yuk hal apa saja yang dipelajari serta prospek kerja dari masing-masing jurusan teknik berikut ini.

  1. Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Di jurusan ini kamu akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya. Jurusan ini punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

Baca Juga:Sambut Bulan K3, Kepala Dinperinaker SBS Ajak Biasakan Perilaku Keselamatan dan Kesehatan KerjaViral di Tik Tok, ASN Cantik Bantu Promosikan Produk UMKM Secara Gratis

  1. Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Untuk kamu yang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan mesin, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Kamu juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

  1. Teknik Industri

Berbeda dengan Teknik Mesin, di Teknik Industri kamu nggak hanya akan belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, tetapi kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri. Karena itu, prospek kerja di jurusan ini pun sangat luas, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

0 Komentar