Inilah Cara Pembuatan Jamu Mpon Mpon Ala Mahasiswa KKN-T Unikal

Inilah Cara Pembuatan Jamu Mpon Mpon Ala Mahasiswa KKN-T Unikal
Sejumlah ibu ibu kader Posyandu dilatih membuat Jamu Mpon Mpon oleh Mahasiswa KKN-T Unikal.
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id- Dalam mendukung program Pemerintah, Mahasiswa Kerja Kuliah Nyata – Tematik (KKN-T) Universitas Pekalongan ikut menurunkan angka stunting. Untuk itu, mahasiswa memberikan pelatihan dengan pembuatan jamu mpon mpon.

Sosialisasi Pencegahan Stunting dan Pelatihan Pembuatan Jamu Mpon-Mpon digelar di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan.

Dalam kegiatan dengan narasumber dariDinas Kesehatan Kota Pekalongan, Puti Edi Prihatin dengan materi Sosialisasi Stunting. Kemudian Pelatihan Jamu Mpon-Mpon dengan narasumber Nurhayati Barawasi. Kegiatan diikuti oleh Kader Posyandu di Panjang Wetan, Kota Pekalongan.

Baca Juga:Diduga Ilegal Logging, Dua Mobil Pickup Bermuatan Kayu Pinus DiamankanWah Asyik, Festival Durian Lolong Akan Kembali Digelar

Melalui kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting tersebut, diharapkan agar angka Stunting di Kelurahan Panjang Wetan, Kota Pekalongan dapat menurun. Dengan begitu nilai presentase kesehatan pada anak-anak di Kelurahan Panjang Wetan akan semangkin meningkat.

“Kemudian dengan pelatihan pembuatan jamu Mpon-Mpon mampu memberikan ilmu serta edukasi kepada Kader Posyandu di Panjang Wetan, Kota Pekalongan. Terutama mengenai pemanfaatan jamu yang baik dan benar, hal ini diharapkan dapat memberikan kesehatan kepada masyarakat di Panjang Wetan, ” terang salah satu Mahasiswa KKN-T Unikal, Adilla Putri Merdiana.

Kemudian inilah cara pembuatan Jamu Mpon Mpon dengan bahan-bahan,– Air– Sereh– Biji pala– Cengkeh– Kayu manis– Jahe– Bunga lawang– Kayu secang

Cara membuat :

  1. Masukkan seluruh bahan kedalam wadah panci
  2. Rebus sampai mendidih
  3. Matikan api jika sudah mendidik dan diamkan selama 1 menit
  4. Saring air rebusan
  5. Jamu siap dihidangkan.
0 Komentar