Ayo Investasi Diri! 10 Cara Jadikan Diri Sendiri Sebagai Aset untuk Meraih Sukses

investasi diri, investasi diri sendiri, belajar manajemen diri
Radar Pekalongan - Ayo Investasi Diri! Jadikan Diri Sendiri Sebagai Aset untuk Meraih Sukses di Masa Depan (Ilustraso foto oleh Christina dari Unsplash)
0 Komentar

Investasi untuk anak muda tidak melulu harus berupa uang, aset, emas, dan properti, tapi bisa juga dalam bentuk diri kamu sendiri. Iya, investasi diri sendiri.

Tak seperti jenis investasi lain, investasi jenis ini tidak dipungut pajak, tidak memiliki resiko, dan memiliki return yang pasti. Investasi diri adalah cara ampuh untuk menaikkan kualitas diri, menambah wawasan, mendalami serta memperluas keampuan skill.

Dengan mempertajam ilmu serta kemampuan, besar kemungkinan akan banyak lowongan pekerjaan dan kesempatan yang terbuka untuk kamu.

Baca Juga:Avoidant Attachment Jelaskan Ketakutanmu Menjalin Hubungan6 Aspek Kedewasaan: Apakah Saya Sudah Dewasa?

Berikut ini, ada beberapa poin untuk investasi diri, dan kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan serta urgensi kamu:

Investasi Diri Sendiri

1. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Untuk memulai perjalanan yang jauh, berkelok-kelok, naik-turun, dan menguras tenaga, kamu perlu sehat secara rohani dan jasmani. Dimulai dengan konsumsi 4 sehat 5 sempurna, konsumsi vitamin, penuhi kebutuhan cairan tubuh, dan penuhi kebtuhan tidur. Setelah itu diseimbangi oleh rutin olahraga, belajar meditasi, mindfulness, belajar mengatur pernapasan, dan sebagainya.

Menjaga kesehatan rohani pun sama pentingnya. Selama kamu sibuk dengan kerjaan di kantor, sekolah, dan komunitas, pastikan hubunganmu dengan yang Maha Kuasa Tetap baik. Sempatkan waktu untuk menikmati waktu sendiri, beristirahat dari hiruk-pikuk kehidupan.

2. Membuat Target Masa Depan

Tujuan, goals, target, apapun itu namanya, bisa kamu buat mulai dari sekarang. Belajar membuat target pencapaian dari hal yang kecil hingga hal yang besar akan memberikan dampak pada kamu.

Jika dianalogikan, target sebagai lampu jalan di ujung gang gelap, maka lampu ini akan menerangi jalan kamu hingga kamu bisa mencapai ujung jalan yang mana itu adalah sebuah kesuksesan.

Tidak adanya tujuan atau goals akan membuat hidup kamu luntang-lantung dan buang-buang waktu. Jadi, buatlah target dimulai dari hal yang kecil, spesifik, terukur, dan bisa kamu capai dalam jangka waktu yang bisa kamu tetapkan.

3. Membangun Networking

Memperbanyak relasi dan networking adalah salah satu cara investasi diri yang cukup efisien untuk masa depan. Kamu perlu belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk bisa menjalin hubungan dengan banyak orang. Moral kompas yang berfungsi dengan baik juga berpengaruh dalam hal ini.

0 Komentar