Dua Pohon Besar Tumbang, Jalur Karanganyar – Lebakbarang Terputus

Dua Pohon Besar Tumbang, Jalur Karanganyar - Lebakbarang Terputus
Petugas membersihkan pohon yang tumbang di jalur Karanganyar - Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan. (Hadi Waluyo)
0 Komentar

KAJEN,Radarpekalongan.id – Hujan deras disertai angin menyebabkan dua pohon besar tumbang di jalur Karanganyar – Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, tumbang, Senin (16/1/2023) malam, sekitar pukul 20.30 WIB. Akibatkan, jalur utama antar dua kecamatan ini sempat terputus malam itu. Bahkan, aliran listrik pun padam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo, Selasa (17/1/2023), mengatakan, dua pohon besar yang roboh ke jalan berada di Dukuh Krandegan, Desa Mendolo, Kecamatan Lebakbarang. Selain pohon tumbang, longsor juga terjadi di sejumlah titik di sepanjang jalan kabupaten penghubung Kecamatan Lebakbarang dan Kecamatan Karanganyar.

Dikatakan, longsor dan pohon tumbang menyebabkan listrik di Kecamatan Lebakbarang padam, karena ada kabel PLN putus tertimpa pohon tumbang. Selain itu, jalan kabupaten Karanganyar – Lebakbarang sempat tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat.

Baca Juga:Bertekad Profesional dan Bersih dari KKN, Ini Yang Dilakukan Jajaran KPU Kabupaten PekalonganSatpol PP Kabupaten Pekalongan Tindak Reklame Tak Berizin

“Alhamdulillah jam 14.00 WIB tadi siang, listrik di Lebakbarang sudah nyala. Jalan sekarang juga sudah dilalui kendaraan,” terang dia.

Kapolsek Lebakbarang Iptu Calim didampingi Camat Lebakbarang Paijal Imron, mengatakan, begitu ada laporan longsor dan pohon tumbang, Polsek Lebakbarang bersama Koramil Lebakbarang dan mahasiswa KKN Undip malam itu langsung melaksanakan pengecekan TKP bencana alam pohon tumbang.

“Pohon tumbang terjadi di hutan masuk wilayah Desa Mendolo Kecamatan Lebakbarang yang mengakibatkan jalur Lebakbarang – Karanganyar macet total dan aliran listrik padam,” tuturnya.

Dikatakan, sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua. Namun hingga kemarin pagi untuk listrik masih padam. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan BPBD dan PLN untuk proses evakuasi dan perbaikan jaringan listrik.

“Polsek Lebakbarang dibantu personel Polres, BPBD dan juga warga hari ini (kemarin, red) melakukan evakuasi yang agak ringan. Sambil menunggu alat berat karena ukuran pohon yang terlalu besar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” imbuh Iptu Calim

Sementara itu, Danramil Lebakbarang Kapten Infanteri Arif Munajad, menambahkan, Senin petang, sekitar pukul 18.50 WIB, terjadi hujan dengan intensitas tinggi disertai angin, sehingga terjadi longsor dan pohon tumbang di sejumlah titik di sepanjang jalan Kecamatan Lebakbarang dan Kecamatan Karanganyar.

0 Komentar