Kegiatan Berdoa dapat Tingkatkan Kemampuan Literasi pada Anak Usia Dini

Kegiatan Berdoa dapat Tingkatkan Kemampuan Literasi pada Anak Usia Dini
0 Komentar

Doa akan selalu diucapkan ketika akan melakukan kegiatan sehari-hari, karena doa merupakan penghubung antara hamba dan penciptanya (Shayim,2003:91). Tujuan berdoa tidak hanya meminta kepada Tuhan untuk mewujudkan keinginan saja, tetapi berharap kegiatan yang dilakukan mendapatkan berkah dan keridhoan dari Sang Pencipta. Mengajarkan anak berdoa dalam setiap kegiatan juga dapat melatih kedisiplinan, kesabaran dan selalu mengingat Allah baik dalam memulai kegiatan hingga mengakhiri kegiatan. Menerapkan pembiasaan agar anak terbiasa berdoa dalam setiap kegiatan sangatlah penting karena dasar bagi anak dalam bersikap sehingga mempunyai kepribadian yang kuat serta akhlak yang terpuji.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan membaca doa dalam kegiatan sehari-hari pada anak usia 5-6 tahun. Doa berasal dari bahasa Arab da‟a yad‟u da‟wah du‟a, secara bahasa berarti memanggil, mengundang, memohon, dan meminta kepada Allah, doa memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam islam, ia menjadi bukti bahwa manusia adalah mahluk yang lemah yang selalu membutuhkan Allah. Maka dari itu, kita sebagai umat islam harus sering-seringlah berdoa kepada-Nya, bahkan kita dikatakan sombong kalau tidak pernah bedoa kepada-Nya (Arif, 2010: 327).

Durri (2009: 1) menyatakan bahwa ”Doa merupakan permohonan kepada Allah”. Nurul (2002: 1) menyatakan “Berdoa adalah kebutuhan yang paling mendasar dalam diri setiap manusia yang menjadikan hidup semakin bermakna”. Ali (2008: 5.26) menyatakan“Berdoa adalah memohon kebaikan kepada Allah dalam segala hal untuk kebaikan baik di dunia maupun di akhirat”. Mawardi (2005: 116) menyatakan bahwa “Doa adalah menyeru, memanggil, memohon, memuja dan memuji Allah, setiap manusia pasti berdoa kepada Allah karena kemampuan manusia sangat terbatas”.

Baca Juga:Ayo Siapa Minat, Pendaftaran Petugas Haji Sudah DibukaCara Mudah Menghitung Perkalian Dua Angka dengan Dua Angka

“Doa merupakan obat yang paling mujarab, doa adalah musuh dari bencana ia akan menolak dan mengatasi bencana doa juga merupakan pintu yang agung, jika Allah membukakan pintu kepada hambanya, maka akan diikuti oleh sekian banyak kebaikan dan akan mengalir berbagai berkah”. (Mushthofa 2006: 26).

Irham (2010: 9) menyatakan “Doa adalah senjata orang mukmin dan tiang agama serta cahaya langit dan bumi”. Menurut Asep (2006: 243) mengatakan “Doa adalah sesuatu yang diperintahkan Allah”, seperti di tegaskan dalam ayat berikut ini yang artinya : “Dan berfirman Tuhanmu “Memohonlah (mendoalah) kepada-Ku, Aku pasti perkenankan permohonan (doa) mu itu.” (Surah Al-Mu’min, ayat 60)

0 Komentar