Pembelian LPG Subsidi Dibatasi, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Sehat

Pembelian LPG Subsidi Dibatasi, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Sehat
0 Komentar

  1. Pisahkan dana darurat, tabungan dan investasi.

Dana darurat, tabungan dan investasi adalah tiga hal yang berbeda. Dana darurat hanya dipakai untuk hal-hal yang sifatnya tidak terduga dan tidak bisa tercover dalam tabungan.

Sementara investasi merupakan langkah yang Anda lakukan untuk menumbuhkan aset yang dimiliki dengan menginvestasikannya ke dalam instrumen investasi. Jadi, pisahkanlah pos keuangan untuk dana darurat, tabungan, dan investasi.

Selain itu, jika Anda sudah berinvestasi, maka selalu gunakan uang dingin, yaitu uang yang tidak digunakan dalam waktu dekat dan bukan ditujukan untuk kepentingan penting atau berasal dari pinjaman. Dengan begitu, tidak akan khawatir dipakai seandainya ada hal darurat terjadi.

Baca Juga:5 Ribu Bikers Honda GL Pro Meriahkan Satu Dekade Anniversary Komunitas G Ost Rider PekalonganHankook Tire Akan Melengkapi Kendaraan Serba Listrik Pertama Toyota

  1. Atur pemakaian kartu kredit atau pay later.

Bila Anda atau pasangan memiliki kartu kredit atau fasilitas pay later, maka harus mengetahui betul pemakaiannya.

Kapan sebaiknya fasilitas tersebut digunakan, harus ingat bahwa kartu kredit atau pay later bukanlah tambahan penghasilan, melainkan sebuah pinjaman yang harus dilunasi begitu digunakan. Karena itu, harus segera membayar secara rutin setiap kali menggunakan fasilitas tersebut.

Laman:

1 2
0 Komentar