MAGELANG – Mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) memilih program kegiatannya dengan membantu pemasaran UMKM dengan digitalisasi marketing.
UMKM yang dipilih untuk kegiatan PPMT adalah NanNin Snack yakni usaha olahan pangan yang dikelola oleh Bely Rachmawati di Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang.
Tim PPMT terdiri dari lima mahasiswa yakni Domi Rahardian (Manajemen), Ricko Ardiansyah (Manajemen), Alio Harry Dewantoro (Manajemen), Muhammad Satrio Adi Laksana (Akuntansi) dan Andre Dewatara Dwi Putra ( Akuntansi) serta didampingi seorang dosen pendamping yakni Yulinda Devi Pramita, SE.,M.Sc.Ak.
Baca Juga:Pabrik Pengolahan Kayu Terbakar Rugi Ratusan Juta, 4 Jam Petugas Padamkan Api1.500 Guru Belum Tersentuh Bansos
Yulinda Devi Pramita menjelaskan produk olahan pangan yang dibuat UMKM tersebut adalah wingko yakni sejenis kue yang terbuat dari campuran kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Produk tersebut nantinya akan dikirimkan kepada beberapa tempat untuk dititipkan maupun dijual sendiri.
“Selama ini pemarasan yang dilakukan hanya dari mulut ke mulut dan menitipkan di beberapa tempat saja. Selain itu kemasan yang digunakan masih sangat sederhana,” terang Yulinda.
Untuk membantu usaha Bely Rachmawati memasarkan produk tersebut, lanjutnya, maka tim PPMT melakukan kegiatan selama sebulan. Yakni dengan mengajarkan digitalisasi marketing dan penguatan kewirausahaan menggunakan metode pendekatan partisipatif yang difokuskan pada redisain kemasan produk dan memberi edukasi tentang digitlisasi marketing.
“Diawali dengan kegiatan sosialisasi, dilanjutkan dengan pelatihan dan praktik, pendampingan, monitoring, dan evaluasi,” kata Yulinda.
Lebih jauh, Yulinda menerangkan bahwa pemasaran merupakan kegiatan untuk memprosikan suatu produk yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Bentuk dari pemasaran tidak selalu dengan aktivitas beriklan, bisa juga dilakukan lewat desain kemasan produk tersebut. Dengan desain yang menarik maka minat calon pembeli akan meningkat juga.
“Dalam pemasaran sutau produk,kemasan memiliki peran yang penting untuk membedakan suatu produk dari kompetitor lain. Begitu pun dengan produk dari UMKM juga memerlukan pemasaran,” jelasnya. (me)