5 Hour Rule, Cepat Luangkan Waktu untuk Sukesmu!

Capai Kesuksesan dengan 5 Hour Rule
Terapkan 5 Rule Hour, sengajakan waktu belajarmu. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Menerapkan 5 Hour Rule dapat membantumu memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru, yang dapat mengarah pada pengembangan pribadi dan profesional.

3 Metode 5 Hour Rule

Kebiasaan membaca yang baik adalah kunci utama dalam 5 Hour Rule. Meskipun konsep dasarnya sederhana, mempraktikkan aturan ini ternyata tidak semudah itu. Butuh niat yang besar. Seperti jika kamu ingin menerapkan gaya hidup sehat dan diet.

Dikutip dari Inc., Michael Simmons membandingkan rutinitas Benjamin Franklin dengan latar belakang dan gaya hidup Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Oprah Winfrey serta mengesampingkan keberhasilan kapitalistik mereka.

Baca Juga:Humble Bragging: Perilaku Merendah untuk MeroketKetahui 5 Manfaat Journaling bagi Kesehatan Mental, Salah Satunya Meredakan Stres

Sudah jelas ada prinsip yang diterapkan mereka agar berhasil memasarkan produk, ide, atau kepribadian mereka dalam masyarakat saat ini. Karenanya, diperoleh bahwa tokoh-tokoh itu menghabiskan setidaknya lima jam seminggu atau lebih untuk selalu belajar dan mendidik diri mereka sendiri. Mereka pun menerapkannya menjadi tiga metode, yaitu membaca, introspeksi, dan eksperimen.

Membaca

Perbanyak waktu untuk membaca. (Sumber: freepik.com)

Membaca adalah kebiasaan banyak orang sukses dan merupakan cara belajar yang mudah dan nyaman. Cobalah menyimpan buku di tasmu setiap saat dan siapkan dirimu dengan tujuan membaca setiap minggu.

Kamu dapat menargetkan untuk membaca satu bab sehari atau sejumlah buku tertentu setiap bulan. Ketersediaan buku digital atau eBook yang luas seharusnya mempermudahmu untuk dapat membaca hampir semua topik di mana pun kamu berada.

Bill Gates adalah panutan yang tetap dalam hal membaca. Dia menghabiskan sekitar 50 buku setiap tahun dan menganggap membaca sebagai salah satu cara utama dia belajar.

Refleksi

Lakukan refleksi dan evaluasi. (Sumber: freepik.com)

Refleksi adalah bagian penting dari pembelajaran. Mencoba mengonsumsi terlalu banyak informasi tanpa merenungkannya dapat membuatmu merasa kewalahan dan mencegahmu mempelajari keterampilan baru.

Maka, penting agar kamu memiliki waktu refleksi yang terstruktur. Cobalah membuat jurnal, yang akan memungkinkanmu merenungkan dan memikirkan ulang apa yang telah kamu pelajari melalui membaca.

Langkah ini juga akan memberimu kesempatan untuk memikirkan hal-hal yang baru saja Anda pelajari selama bekerja dan mengembangkan ide yang kamu miliki untuk masa depan.

0 Komentar