8 Obat Stres dalam Islam, Tidak Mahal dan Mudah Dilakukan

8 Obat Stres dalam Islam, Tidak Mahal dan Mudah Dilakukan
Orang stres diamankan babinsa-bhabintamtibmas dan TKSK. (Hadi Waluyo)
0 Komentar

KAJEN,Radarpekalongan.id – Stres, cemas, dan depresi bisa menimpa siapa saja, dari rakyat jelata hingga pejabat tinggi. Dari ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran. Banyak faktor yang memengaruhinya, bisa persoalan keluarga, pekerjaan, hingga himpitan perekonomian.

Ayo obati gejala stres dan depresi kita agar tidak lebih parah sehingga tidak menjadi pemicu timbulnya gangguan jiwa. Sebagai muslim, Islam telah memberikan obat untuk mengatasi stres, cemas, dan depresi. Berikut adalah obat untuk atasi stres dilansir dari berbagai sumber:

  1. Mengenal dan mendekat pada Allah

Saat stres melanda, ingatlah bahwa kita tidak hidup sendirian di dunia ini. Allah begitu dekat dengan hamba-Nya dan akan mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan. Namun sering kali kita lupa dan membuat diri kita lebih sibuk pada perasaan stres yang ada. Mendekatlah kepada Allah, agar impitan yang ada teratasi. Yakin lah apa yang menimpa kita rencana Allah SWT adalah yang terbaik.

Baca Juga:Jangan Lewatkan Sarapan, Ini 5 Manfaat Sarapan Bagi TubuhPolisi Buru Bandar Judi Sabung Ayam di Pekalongan

  1. Shalat

Shalat merupakan media kita berkomunikasi kepada Allah SWT. Dengan menjaga shalat wajib serta mengerjakan shalat sunnah yang telah dianjurkan, dapat turut membantu menjaga ketentraman hati hingga mampu mengatasi segala permasalahan emosional yang kita rasakan.

Shalat merupakan obat untuk berbagai penyakit sekaligus penolong. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya; “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q. S. Al Baqarah : 153).

  1. Berdoa

Allah memang sudah pasti mengetahui apa yang kita inginkan sekalipun kita tidak mengucapkannya. Akan tetapi, dengan berdoa langsung kepada Allah sama artinya kita berbicara kepada-Nya, yang mana secara tidak langsung juga akan membuat perasaan jadi jauh lebih lega.

  1. Mendasari niat dengan ikhlas

Ikhlas akan menghadirkan ketenangan jiwa di dalam diri kita dan dapat menyelamatkan kita dari adzab Allah SWT. Jika semua perbuatan kita niatkan dengan ikhlas demi mengharap ridha Allah, Insya Allah apapun hasil yang diperoleh tidak akan membuat kita stres.

  1. Berdzikir

Dzikir artinya mengingat Allah; tidak hanya dalam lisan tetapi juga untuk setiap perbuatan yang kita lakukan. Hadirkan Allah di setiap hela napas kita dengan berdzikir, dengan begitu kita akan menjadi tenang sebagaimana firman Allah SWT yang artinya; “Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q. S. Ar-Ra’d).

0 Komentar