Dua Dosen UIN Gus Dur Kunjungi Sekolah Indonesia di Filipina

Dosen UIN Gus Dur kunjungi sekolah Indonesia di Davao Filipina.
Dosen UIN Gus Dur, Dr. H. Muhlisin, M.Ag dan Muhammad Jauhari Sofi, M.A, kunjungi sekolah Indonesia di Davao Filipina. (Dok/Uin gusdur)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Dua dosen UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur Pekalongan) mengunjungi dan menyapa sekolah Indonesia yang ada di Filipina, dengan melakukan kunjungan akademik ke Sekolah Indonesia Davao (SID), Filipina, Senin (23/1/2023).

Dua dosen tersebut adalah Dr. H. Muhlisin, M.Ag. dan Muhammad Jauhari Sofi, M.A. dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

Keduanya ditemui langsung oleh wakil kepala sekolah SID, Nanang Sumanang, sedangkan kunjungan tersebut berlangsung sejak pukul 09:00 hingga 14:00 waktu setempat.

Baca Juga:Aksi Komplotan Pencuri Jaket Kulit Harga Jutaan Rupiah Terekam CCTVHasil Penelitian: Protein Hewani Efektif Mencegah Stunting

Nanang Sumanang menjelaskan bahwa SID dimaksudkan untuk memfasilitasi pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di Filipina, khususnya di Davao, agar kelak mereka tidak memiliki kendala saat ingin melanjutkan pendidikan ke Indonesia.

Secara khusus, SID mempunyai misi untuk melindungi anak-anak Indonesia di Filipina dari nilai dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Maka, menurutnya, semua kegiatan pembelajaran diarahkan untuk pembentukan karakter manusia Indonesia.

Sebagaimana disampaikan, banyak siswa-siswi di SID yang juga berasal dari luar Kota Davao ataupun luar Kepulauan Mindanao. Kondisi jauh dari rumah ini menjadikan kurangnya pengawasan dari orang tua yang berasal dari berbagai macam profesi, sehingga pihak pengelola SID menawarkan para siswa untuk tinggal di asrama.

Nanang juga menambahkan bahwa Sekolah Indonesia Davao (SID) di Filipina memiliki asrama siswa, baik putra maupun putri. Asrama dan kebutuhan harian siswa diberikan secara gratis.

Sekolah yang terletak di kompleks Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Davao City ini berada di bawah Kementerian Luar Negeri RI.

Sementara itu, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. selaku ketua tim menuturkan bahwa kunjungan ke Sekolah Indonesia Davao (SID) adalah untuk menyambung silaturahim antar sesama anak bangsa dan membuka kemungkinan kerja sama antara UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dan SID di Filipina.

0 Komentar