Teknik Pomodoro, Atur Fokus Biar Waktu Produktifmu Nggak Berantakan

Teknik Pomodoro untuk Atur Produktivitasmu
Bekerja dengan lebih fokus dan produktif dengan teknik pomodoro. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Jika ingin lebih sederhana, kamu bisa menggunakan timer di aplikasi default ponselmu agar bisa mengecek berapa lama kamu sudah bekerja. Kamu juga bisa men-setting stop watch dan mengatur alarm agar memiliki pengingat untuk beristirahat.

Begitu pula persiapan lainnya seperti mencari tempat yang nyaman untuk belajar adalah sama pentingnya. Misalnya, kamu belajar di ruangan pribadi yang jauh dari banyak orang. Jangan lupa untuk menjauhkan hal-hal yang membuatmu terdistraksi.

Atur Skala Prioritasmu

Kamu bisa memilah tugas mana yang akan kamu selesaikan pada setiap sesi kerjamu. Cobalah untuk fokus mengerjakan satu tugas dalam satu waktu tertentu. Hal ini bertujuan agar kamu tidak diganggu oleh tugas-tugas lain dalam waktu bersamaan dan berakhir kehilangan fokus.

Baca Juga:5 Pola Pikir Tidak Rasional yang Ganggu Kesehatan MentalSelf Love: 4 Cara Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri

Kamu juga bisa menyusun skala prioritas untuk memilih mana pembelajaran yang dibutuhkan terlebih dahulu. Daftar penyelesaian prioritas tersebut bisa dijadikan tolak ukur pencapaian dari hasil target pekerjaan.

Mengatur skala prioritas dapat membantumu untuk merencanakan tugas yang akan dikerjakan pada hari itu dan memperkirakan berapa banyak interval pomodoro yang akan kamu perlukan untuk setiap tugas.

Kamu juga bisa membagi tugas-tugas yang kompleks menjadi bagian yang lebih kecil, sehingga kamu bisa lebih mudah membagi pengerjaannya ke dalam interval pomodoro.

Tentukan Interval yang Tepat

Kamu tidak harus berpatok pada aturan interval awal yang ada pada teknik pomodoro. Kamu bisa menentukan seberapa lama periode belajar dan istirahat yang dibutuhkan. Ditambah, hal ini bisa disesuaikan dengan waktu yang sudah kamu targetkan sebelumnya.

Selain itu, waktu yang digunakan dalam teknik pomodoro juga bisa bergantung pada banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Hal ini dilakukan demi menghindari pemborosan waktu yang  terpakai.

Jika pekerjaan yang kamu miliki hanya sedikit, maka kamu bisa mengurangi waktu dari teknik pomodoro-nya. Misalnya kamu mencoba untuk fokus selama 15 menit, sedangkan istirahat hanya butuh waktu 5 menit saja.

Beristirahatlah dengan Baik

Teknik pomodoro menyarankan untuk melakukan istirahat berkala dengan meninggalkan tempat kerja yang telah dipakai.

0 Komentar