Manajemen Layanan Luwes, Open, Sabar (ML_LOS) dan Senin Do’a untuk Kesuksesan Kemudahan dan Kelancaran (SENDOK MULA)

Manajemen Layanan Luwes, Open, Sabar (ML_LOS) dan Senin Do’a untuk Kesuksesan Kemudahan dan Kelancaran (SENDOK MULA)
0 Komentar

PengertianML_LOS SENDOK MULA merupakan singkatan dari Manajemen Layanan Luwes,open dan Sabar ditambah senin do’a untuk kesuksesan ,kemudahan dan kelancaran. Adapun pengertian masing-masing istilah dijelaskan sebagai berikut.

1). Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran (KBBI, Depdikbud, 1993: 583). Banyak pendapat dari para ahli tentang pengertian manajemen. Manajemen adalah perpaduan antara ilmu dan seni (Sarwono, Jonathan, 2006: 25). 2). Layanan adalah cara yang diterapkan oleh seseorang dalam melayani atau membantu mengurus apa-apa yang diperlukan seseorang. Termasuk ke dalam layanan adalah cara mengendalikan sumber daya, melaksanakan dan memantau penggunaannya sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai (KBBI, 1993: 504).

Berikutnya kata LOS merupakan akronim dari luwes,open dan sabar, bahasa Jawa. Luwes berarti fleksibel; tidak kaku; tidak cangggung;mudah disesuaikan. Open berarti peduli, atas dasar kesadaran dan kasih sayang. Sabar berarti tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hat); tabah; tenang; tidak tergesa-gesa; tidak terburu nafsu).

Baca Juga:Pendidikan Moral Anak Usia Sekolah Dasar (SD)Everything Everywhere All at Once Sabet 11 Nominasi Oscar 2023, Sudah Nonton Filmnya?

selanjutnya kata Sendokmula merupakan akronim dari Senin Doa bersama untuk kesuksesan, kemudahan dan kelancaran. Sendokmula dianalogikan sebagai makanan yang diambil dengan sendok dengan sendokan pertama. Sendokan pertama enak atau lezat mendorong semangat untuk melanjutkan makan sampai puas.ML_LOS SENDOK MULA adalah proses menggerakkan semua sumber daya, terutama sumber daya manusia, secara efektif dengan pelayanan yang Luwes,open dan sabar( LOS ) sehingga berdaya guna dan berhasil guna mencapai sasaran yang diharapkan.

Tahapan Operasional Pelaksanaan:a. Membentuk Tim Pengembang Sekolah (selanjutnya disingkat TPS). b. Bersama TPS menentukan masalah-masalah sasaran yang akan diberi treatment (perlakuan). c. Menentukan perubahan yang diharapkan menjadi lebih baik dari keadaan awal.

Lalu poin d. Melaksanakan action ML_LOS, yang memuat empat tahapan: 1). Dilaksanakan Program Budaya Semangat Pagi melalui empat tindakan, yakni Kepala Sekolah memberi teladan datang lebih awal dari para guru dan karyawan lainnya, Kepala Sekolah membuat Video (film dokumenter) yang memperlihatkan dampak dari guru terlambat datang ke sekolah sehingga anak terlantar, tidak tertib, lalu Program IHT (In House Training) bagi Guru/ Karyawan tentang disiplin waktu, serta Setiap Senin sehabis upacara, para guru dan tenaga kependidikan berkumpul di ruang guru melaksanakan Doa bersama untuk kesuksesan, kemudahan dan kelancaran.

0 Komentar