Nasib Film Decision to Leave, dan Gelombang Protes Nominasi Oscar 2023

Nasib Film Decision to Leave, dan Gelombang Protes Nominasi Oscar 2023
Film Decision to Leave. Foto: Instagram/@cjenmmovie
0 Komentar

Penghargaan Sutradara Terbaik juga berhasil diraih Decision to Leave pada Festival Film Internasional Cannes Film Festival 2022, membuat film ini menarik atensi pecinta film di seluruh dunia. Bahkan saat pemutaran di festival film, para penonton dan kritikus pun satu suara memujinya sebagai “masterpiece”.

Sang sutradara, Park Chan Wook sendiri dikenal reputasinya sebagai pembuat film yang mendapat banyak prestasi. Karya-karyanya dianggap memberi paradigma baru dengan alur unpredictable dan inovasinya dalam teknik sinematografi.

Gelombang ProtesKegagalan Decision to Leave masuk dalam Nominasi Oscar 2023 nyatanya telah memancing banyak penggemar film hingga kritikus ikut bersuara dan membanjiri linimasa, dengan menyebut “Oscar menolak ‘Decision to Leave‘.” Tak ayal, kata kunci Decision to Leave pun trending di jagad twitter, sesaat setelah Nominasi Oscar 2023 diumumkan.

Baca Juga:[CERBUNG] Sang Pemandu LaguPemkab Batang Siap Bangun Hotel hingga Perkantoran di PKK KIT Batang

Decision to Leave milik Park Chan Wook dilecehkan di Oscar secara keseluruhan, dan terutama dalam International Feature Film, benar-benar membuat frustrasi. Hanya sebuah karya seni yang hebat di setiap sisi yang bisa dibayangkan,” cuit kritikus Isaac Feldberg.

“Hasil terbaik dari film-film yang dinominasikan untuk Oscar tahun ini. Begitu banyak karya hebat yang diakui. Satu film yang saya harap disertakan adalah DECISION TO LEAVE karya Park Chan Wook yang indah, salah satu film favorit saya tahun ini. Apakah melihatnya,” cuit produser film 21 Jump Street dan 22 Jump Street, Christopher Miller.

“Saya tidak percaya Decision To Leave tidak mendapatkan nominasi, terutama untuk fitur dan pengeditan internasional terbaik,” cuit @sewer***.

“Saya tahu Decision to Leave dan Nope akan mengalami kesulitan untuk masuk ke Sinematografi Terbaik, tetapi lebih menyakitkan lagi ketika kategori sebenarnya terlihat seperti ini,” cuit kritikus Brendan Hodges.

Decision to Leave adalah film thriller melodramatis tentang kisah Hae Jun (diperankan oleh Park Hae il), seorang detektif yang menyelidiki kasus kematian, tetapi tertarik pada Seorae (diperankan oleh Tang Wei), istri almarhum, sementara masih merasa curiga padanya. (sef)

Sumber tulisan: https://seleb.tempo.co/read/1683867/film-korea-decision-to-leave-tidak-masuk-nominasi-oscar-2023-netizen-protes-hingga-trending

0 Komentar