5 Skill Kecerdasan Emosional, Cara Memenangkan Berbagai Situasi

5 skill kecerdasan emosional
5 skill kecerdasan emosional. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Mereka yang terampil dalam pengaturan diri yang baik, cenderung fleksibel dan bisa beradaptasi dengan baik terhadap perubahan. Mereka juga pandai mengelola konflik dan meredakan situasi tegang atau sulit.

Orang dengan keterampilan pengaturan diri yang kuat juga cenderung memiliki kesadaran yang tinggi. Mereka memikirkan bagaimana mereka mempengaruhi orang lain, dan mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri.

Social Skill

Skill kecerdasan emosional social skill. (Sumber: freepik.com)

Mampu berinteraksi dengan baik dengan orang lain adalah aspek penting lainnya dari kecerdasan emosional. Memiliki keterampilan sosial yang kuat memungkinkan orang membangun hubungan yang bermakna dengan orang lain dan mengembangkan pemahaman yang lebih kuat tentang diri mereka sendiri dan orang lain.

Baca Juga:Tidak Harus Pandai di Segala Hal, Ini 9 Jenis Kecerdasan Manusia3 Tipe Pertemanan Menurut Aristoteles, Mana yang Paling Bertahan Lama?

Pemahaman emosional yang sejati melibatkan lebih dari sekadar memahami emosimu sendiri dan emosi orang lain, tetapi juga memanfaatkan informasi dalam interaksi dan komunikasi harianmu.

Dalam sistem yang bersifat profesional, manajer mendapat manfaat dengan mampu membangun hubungan dan koneksi dengan karyawan. Pekerja mendapat manfaat dari kemampuan untuk mengembangkan hubungan yang kuat dengan pemimpin dan rekan kerja.

Social skill ini termasuk kemampuan mendengarkan secara aktif, keterampilan komunikasi verbal, keterampilan komunikasi nonverbal, kepemimpinan, dan persuasif.

Empathy

Skill kecerdasan emosional empathy. (Sumber: freepik.com)

Dalam mencapai kecerdasan emosional, dibutuhkan keterampilan untuk memahami perasaan orang lain atau bisa disebut dengan empati.

Akan tetapi, tidak hanya memahami, keterampilan ini juga melibatkan tanggapanmu terhadap orang yang membagikan emosi mereka.

Berempati juga memungkinkanmu untuk memahami dinamika kekuatan yang sering memengaruhi hubungan sosial. Mereka dapat merasakan siapa yang memegang pengaruh tertinggi dalam hubungan sosial yang terbangun, sehingga mampu secara akurat menginterpretasikan berbagai situasi dan memanfaatkannya.

Motivation

Skill kecerdasan emosional motivation. (Sumber: freepik.com)

Motivasi intrinsik adalah keterampilan kecerdasan emosional penting lainnya. Orang yang cerdas secara emosional dimotivasi oleh hal-hal di luar penghargaan eksternal seperti ketenaran, uang, pengakuan, dan pujian.

Baca Juga:Simak 5 Tips untuk Menaikkan Rasa Percaya Diri, Jamin Tak Minder LagiCara Keluar Dari Zona Nyaman dan Meningkatkan Kualitas Hidup

Sebaliknya, mereka memiliki hasrat untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan batin mereka sendiri. Mereka mencari penghargaan internal, pengalaman mengalir dari yang benar-benar selaras dengan aktivitas, dan mengejar pengalaman puncak.

0 Komentar