Bukan Sekadar Bumbu Masak, Ini Rahasia 7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Ini Rahasia 7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan
Daun salam kaya manfaat bagi kesehatan. (Sumber foto: yankes.kemkes.go.id)
0 Komentar

KAJEN,Radarpekalongan.id – Manfaat daun salam bagi kesehatan sudah diketahui sejak lama. Tak hanya untuk bumbu masak. Manfaatnya luar biasa, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, penghilang rasa nyeri, hingga mengurangi stres.

Tidak hanya memberi citarasa yang unik dan bau khas pada masakan, daun salam ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Daun ini mengandung vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, tannin, alkaloid, steroid, triterpenoid, dan flavonoid serta senyawa-senyawa lain. Kandungan inilah yang membuatnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan, simak manfaatnya yang disadur dari yankes.kemkes.go.id berikut ini:

Daun Salam (yankes.kemkes.go.id)

Baca Juga:DPRD Kabupaten Pekalongan Hadiri Musrenbang Kecamatan Kajen, Ini Aspirasi Masyarakat6 Makanan untuk Cegah Kanker Serviks, Banyak Dijumpai di Sekitar Kita

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air rebusannya mengandung vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Adanya vitamin C di dalam air rebusan tersebut ampuh dalam melawan radikal bebas. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup mengambil 10 hingga 15 daun ini yang segar. Setelah itu, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja dan minum secara teratur.

  1. Penghilang rasa sakit

Minyak atsiri daun ini bernama eugenol dan methyl chavicol efektif membunuh bakteri dan jamur. Juga sangat baik untuk mengobati peradangan dan nyeri umum seperti keseleo, artritis dan rematik. Memijat tubuh dengan minyak daun ini juga diketahui dapat membantu meredakan migrain dan sakit kepala. Ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memberi rasa nyaman.

  1. Menurunkan kadar asam urat

Daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat. Untuk mengatasi asam urat, Anda cukup merebus daun ini dengan 10 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

  1. Menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida

Daun yang sehari-hari untuk bumbu masak ini ternyata berjasa dalam menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2. Antioksidan dalam daun ini mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan lebih efisien, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes dan penderita resistensi insulin.

0 Komentar